BREAKING NEWS
Search

Ingin Berpisah perlu Memecahkan hal hal ini



Google.com/KM


Opini,(KM)--Kebebasan hidup merupakan hak bagi setiap manusia tanpa terkecuali.baik itu bagi diri sendiri orang lain ataupun bagi Bangsa dan Negara.kebebasan tidak memandang usia,tidak membeda bedakan diatara pria dan wanita besar dan kecil.maka itu,di perlukan suara dan aspirasi untuk kebebasan hidup.ko ingin bebas,pantas laksanakan tidak ada yang menghalangi,jika ada yang menghalangi,belum memahami aturan dunia.

Kebebasan hidup diperlukan dalam kehidupannya tetapi nyatanya orang Papua selalu dibunuh diperkosa dan ditindas oleh TNI PORLI Indonesai.Dunia tahu bahwa prilaku kejahatan TNI PORLI terhadap orang Papua yang selalu menghabiskan nyata Manusia.maka ingin bebas dari persoalan besar yang terjadi setiap hari  di tanah papua dengan kata BEBAS.TNI PORLI juga jangan menghalan halangi mereka  yang tersisa ,mereka berhak bersuara sebab perjungan mereka atas ketidakterimaan perilaku Indonesia terhadap orang Papua.

Orang Papua Ingin bebas dari persoalan ini maka perlu memahami dan memecahkan hal hal di bawah ini :

a.Sukuisme

Realita bahwa sukuisme ditanah papua selalu tinggi.atas ketinggian hal tersebut membuat orang papua sombong diantara satu suku dengan suku yang lain.artinya bahwa jika satu suku yang menjadi pemempin  maka perjuangannya untuk suku itu sendiri,dan tidak mendapat bagian bagi suku lain.maka itu tidak ada persatuan dan kesatuan yang diciptakan dalam perjuangan. jangan  mengatakan saya ingin merdeka  sebelum sukuisme mengurangi atau di hapuskan.

b.Bahasa

Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi diatara satu dengan yang lain.satu bahasa yang di gunakan untuk banyak suku merupakan sesuatu hal yang mempermudah untuk saling mengerti dan memahami .atas persatuan itu mampu melahirkan kebersamaan dalam suatu perjuangan dan hasilnyapun berhasil karena persatuan dan kesatuan.namun jika banyak suku  banyak bahasa,maka melahirkan ketidak pemahaman.hal ini bisa terjadi persoalan diantara sekelompok dengan kelompok lain.maka kapan mau selesai perjungan kalau tidak bersatu.

Diharapkan menciptakan bahasa baru untuk menciptakan persatuan diantar banyak suku dan bahasa agar tidak terjadi ketidak salah pemahaman.jika bahasa satu penulis harap perjuangan akan baik dan mendapatkan kebebasan.

c.Pendidikan

Hidup di butuhkan pendidikan.tanpa pendidikan hidup tanpa arti.hidup tanpa arti sama hal dengan hidup tak harapan.hidup tanpa harapan berati benda mati.ko benda matikan ??? tidak,kita manusia milikilah pendidikan sebanyak mungkin.

Ingin memiliki atau mencapai sesuatu hal di butuhkan pendidikan, maka miliki ilmu setinggi langit agar manusia takut dunia takut akhirnya mudah mendapatkan kemerdekaan.pendidikan yang tinggi membuat dimata dunia terharu.pendidikan juga membuat Negara berdiri kokoh diatas tanahnya sendiri.maka itu miliki pendidikan tinggi dalam kehidupan.jika tidak memiliki pendidikan  jangan katakan saya ingiin bebas bebas dan bebas itu hanya mimpi di siang bolong.

d.Komunikasi

Komunikasi yang baik melahirkan persatuan dan kesatuan dalam permecahan suatu masalah.tetapi jika komunikasi yang kurang baik juga mampu melahirkan sesuatu hal kurang baik yang mampu merusak dalam perencanaan.maka itu diharapkan membangun komunikasi agar mampu menciptakan persatuan demi kemerdekaan. 

Semoga para pembaca dengan opini ini,lebih membuka wawasan kedalam agar boleh  memahami dan memecahkan persoalan yang terjadi di tanah Papua.dan juga mampu membagikan kepada orang lain. 

Umagigobai/KM


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Ingin Berpisah perlu Memecahkan hal hal ini