BREAKING NEWS
Search

Berpikir Lokal Bertindak Global Bagi OAP


Damianus Muyapa, Dok.KM
Oleh: Damianus Muyapa
OPINI, KABARMAPEGAA.COM--.Manusia mempunyai akal dan pikiran. Semua makluk yang termulia adalah manusia. Kalau manusia dapat di lakukan sesuatu secara positif dan tidak melakukan sesuatu untuk merugikan bagi orang lain karena  makluk yang lain hanya naluri (pembawaan saja). Maka itu, manusia bisa mengetahui dan berpikir siapa diri saya yang sebenarnya mulai dari budaya atau kebiasaan lokal yang ada.

Berpikir lokal adalah  semua  yang ada itu dapat di pahami dan di mengerti sesuai dengan keberadaan yang sebenarnya. Berpikir lokal bukan berarti berpikir yang tidak mau berkembang dalam kehidupan, namun berpikir yang mau berkembang dan berubah dalam segala sisi sesuai dengan perkembangan global. Maka itu, Orang Asli Papua (OAP) dapat di pahami dan di mengerti semua yang seharusnya berubah menjadi baik, lebih baik dan juga paling baik dalam hidup dengan cara yang tepat sesuai dengan perkembangan global.

Berpikir lokal bertindak global yang paling bagus adalah Orang Asli Papua (OAP) dapat di lihat dari semua yang ada  dan yang di hadapi oleh orang lokal, di antaranya adalah kebodohan, ketertinggalan, dan kemiskinan dalam hidup  yang dapat di buat oleh orang luar. Untuk membrantas Kobodohan, Ketertinggalan, dan Kemiskinan berarti Orang Asli Papua (OAP) dapat merakit sistem susuai dengan perkembangan global agar orang lokal bisa dan mampu mengangkat harga diri yang di ijak-ijak oleh orang lain yang mencari kepentingan. Bukan Orang Asli Papua di tinggalkan masalah yang ada kemudian mencari kepentingan pribadi dengan cara mendekati dengan  kelompok yang dapat merugikan orang banyak,  cara ini tidak berpikir lokal  bertindak global.

Dengan demikian, berpikir lokal bertindak global sangat penting bagi Orang Asli Papua (OAP) sehingga  bisa mempelajari sistem yang ada dan merakit sistem  yang terbaru sesuai dengan keberadaan  sebenarnya yang di alami oleh orang Asli Papua. Kalau tidak berpikir lokal bertindak global dari sekarang, maka Orang Asli Papua mengalami kesulitan  dalam segala hal,  dan Orang lain akan menjadi peluang untuk kedepan.


*) Penulis adalah Praktisi Pendidikan, Tinggal di Timika


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Berpikir Lokal Bertindak Global Bagi OAP