BREAKING NEWS
Search

Pemimpin adalah Bagian dari Rakyat

Foto: Dok, Petrus P/KM
Oleh: Petrus Pekei

OPINI, KABARMAPEGAA.COM – Pemimpin bertugas untuk mengantarkan rakyat dengan selamat mencapai kesejahteraan. Oleh karena itu, pemimpin bukanlah bagian yang terpisahkan dari rakyatnya. Pemimpin adalah rakyat itu sendiri, bagian yang melekat sebagai kesatuan yang utuh.

Pemimpin yang merakyat haruslah menjadi sebuah keniscayaan. Pemimpin yang berdiri di antara rakyat dapat merasakan suasana kebatinan rakyat sehingga dapat mengetahui apa yang sebenar-benarnya kebutuhan rakyat. Dengan bermodalkan empati kepada rakyat, pemimpin yang telah memahami kebutuhan rakyat dapat dengan sepenuh hati memperjuangkan apa yang menjadi tujuan bersama tersebut.

Untuk menjadi pemimpin yang merakyat tentulah tidak mudah. Dibutuhkan nyali yang besar untuk dapat berdiri di tengah-tengah rakyat. Pemimpin yang harus mampu berpihak pada rakyat. Ini berarti dia akan berhadapan dengan siapapun yang bertentangan dengan kehendak rakyat.

Pemimpin yang merakyat juga berarti pemimpin yang hendak dan mampu menciptakan rasa adil bagi rakyatnya. Keadilan yang sebenar-benarnya, yaitu yang tidak membeda-bedakan kepada siapa hukum diterapkan. Semua orang sama di mata hukum. Namun, untuk aspek lainnya, pemimpin yang merakyat akan mengetahui siapa di antara semua rakyatnya yang membutuhkan perlakukan khusus. Perlakuan khusus tersebut diberikan kepada kelompok rakyat yang dimarjinalkan sehingga harus dilindungi atau diberikan dorongan lebih.

Tidak ada yang lebih indah dari pemimpin yang dicintai oleh rakyatnya. Tidak ada pemimpin yang dicintai rakyatnya melainkan dia mampu mencintai rakyatnya.

Pemimpin yang merakyat adalah Dialah yang mempu memecahkan sebuah masalah di daerah tersebut dan dialah berdiri di tengah-tengah tanpa mengalah satu sama lain dan dialah yang mampu merangkul masyarakat tanpa membedakan satu marga dan marga lain.

Sehubungan dengan Pemlihan Kepala Daerah yang akan di laksanakan Tahun 2018 di seluruh Meepago umumnya dan khususnya daerah Deiyai, yang akan mencalonkan diri sebagai Cabup dan Wacabup adalah mereka yang intelek dan jiwa jiwa merakyat, maka itu masyarakat maupun Mahasiswa yang layat termasuk dalam surat suara, pilihlah dia yang kita pikir baik, karena sudah menilai dalam kehidupan mereka di masa lampau.

Kita jangan membedahkan, mereka yang akan mencalonkan diri sebagai Cabup dan Wacabup adalah Putra Daerah Deiyai asli, maka itu pilihlah dengan hati yang penuh damai karena suara Rakyat adalah suara TUHAN dan masyarakat memberikan suara dan Tuhanlah yang akan menentukan dan memberikan amanah, maka itu yang tidak lolos jadi bupati dan wakil bupati jangan mengeluh, karena masa 2018-2023 Adalah masanya bagi dia yang akan memberikan amanah oleh Maha Kuasa. (Muyepimo/KM)

*) Penulis adalah anak muda Papua, Pemerhati Rakyat Tertindas


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “ Pemimpin adalah Bagian dari Rakyat