BREAKING NEWS
Search

Adanya PAUD Berati Adanya Masa Depan Papua


Oleh : Alexander Gobai

PAUD adalah pendidikan luar sekolah seperti Kelompok Bermain dan Penitipan Anak, yang umumnya berjalan sendiri-sendiri dengan polanya masing-masing, sedangkan PADU adalah pendidikan sekolah seperti Taman Kanak-kanak (TK), yang sudah mulai dibina dan diasuh oleh Depdiknas.
PAUD dipahami sebagai program persiapan untuk masuk TK, sedangkan PADU dimengerti tidak lebih sebagai institusi persiapan masuk SD. Akibatnya PAUD dianggap melulu sebagai kegiatan bermain dan PADU akan mempunyai bobot lebih bila tidak banyak memasukkan kegiatan bermain, padahal pandangan seperti ini keliru. "Bahkan banyak orang tua yang berharap anaknya dapat baca, tulis dan berhitung setelah lulus PADU. Kesalahpahaman ini sangat mengganggu, " ujar Fasli Djalal (sekarang Dirjen Dikti Depdiknas). Padahal untuk memberikan pelayanan usia dini, unsur permainan ini yang seharusnya lebih menonjol. Bermain untuk belajar dan bukan belajar untuk belajar.
Dengan demikian, adanya PAUD di tanah papua, berarti ada pula masa depan sebagai penerus generasi papua. Yang kelak akan membangun tanah papua tercinta. Dengan melihat sudut pandang ini, PAUD merupakan anak yang akan disiapakan dalam bentuk baik mentalnya, intelektualnya, daya ingatnya dan kemampuan-kemampuan yang lain. Dengan demikian, adanya PAUD sangat penting sekali. Sebeb, ini menyangkut dengan harkat dan martabat orang papua. Maka, perluh dilestarikan PAUD menjadi acuan orang papua.

Fungsi dari PAUD ialah menyiapkan anak untuk menjadi dewasa yang nantinya berjiwa besar dan bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya memanusiakan manusia. Oleh karean itu, adanya PAUD bukan berarti semuanya bisa dilakukan oleh para pendidik dan anak-anak. Namun, ini hanya adanya kesiapan saja untuk kedepan. Makanya lembaga yang mengatur PAUD benar-benar menyiapkan anak-anak usia dini untuk menjadi manusia yang berjiwa besar. Adanya PAUD berarti adanya masa depan generasi papua yang mana, nantinya akan membangun papua menuju papua yang baik dan bersatu.(Bedei Kigiba/SA)


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Adanya PAUD Berati Adanya Masa Depan Papua