BREAKING NEWS
Search

Pengaruh Globalisai Terhadap Remaja Papua


Oleh : Yerry Kogopa
 
Kata “Globalisasi” yang sebenarnya ialah suatu proses mendunia atau menuju satu dunia. Dengan adanya suatu globalisasi maka terjadi banyak hal perubahan di dalam berbagai bidang aspek kehidupan manusia seperti sosial, budaya, ekonomi maupun di bidang lainnya.
Dengan demikian, menurut wikipedia globalisasi merupakan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.
Sementara dari A. G. McGrew Globalisasi mengacu pada keserbaragaman hubungan dan saling keterkaitan antar masyarakat yang membentuk sistem dunia modern. Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.
Telah jelas bahwa globalisasi membentuk sistem yang bersifat modern. Dalam hal ini, bila dilihat dari sudut pandang ini, remaja papua sudah terjerumus kedalam pengaruh globalisi baik dari sisi positif maupun negatif.
Artinya bahwa dampak dari globalisasi ialah manusia tidak akan menyadari dengan kehidupannya yang sebenarnya. Tentunya tidak akan terluput dari kehidupan instan-instan saja. Bila seperti itu, maka kehidupan remaja papua akan justru terdampar ke alam yang bersifat makanan yang sudah disajikan semuanya oleh orang lain.
Akan hal ini, bukannya remaja papua saja yang mengalami melainkan hampir semua masyarakat papua yang mengalami seperti itu. Oleh sebab itu, pengaruh globalisasi sangat kuat di dalam kehidupan ini. Maka, pengaruh ini akan mengantarkan remaja dan masyarakat papua ke alam yang tidak begitu disadari oleh banyak orang.
Salah satu contoh ialah facebook. Contoh kecil saja mengantar remaja papua ke alam yang tidak begitu bagus. Artinya bahwa dengan adanya FB ini, banyak remaja papua yang sudah serius dan terjerumus ke dalam suasana itu. Mereka sudah tidak menyadari dengan kegiatan lain, yang sementara masih penting di dalam kehidupannya. Akan adanya FB ini, memang baik, untuk mengadakan komuniskasi dengan sesama baik teman maupun orang lain. Namun, dibalik itu pengaruhnya luar biasa. Bisa meninggalkan beberapa tugas-tugas utama yang sementara masih penting untuk dilakukan. Namun, karena asyik melakukan FB, makanya lupa dengan semua tugas dan kepentingan yang bisa dilakukan.
Oleh kerena itu, perkembangan globalisasi ini, membuat kehidupan remaja menjadi yang lebih instan-instan saja. Namun, tidak berkeingin untuk melakukan pekerjaan atau tugas-tugas yang bersifat kerja tangan tanpa ada bantuan dari Internet dll. Akan hal ini, sudah terbukti bahwa pengaruh globalisasi terhadap remaja papua sangat tinggi sekali. Melainkan kegiatan-kegiatan lain.
Dengan demikian, adanya globaslisi bukan berarti bisa melakukan apa saja. Melainkan justru kita pintar-pintar memilih dan memilah mana yang baik dan buruk. Bukannya sesukanya kita untuk melakuan tugas-tugas (kegiatan) yang sementara dinaungi dengan globalisasi ini. Namun, lakukanlah yang terbaik
Dampaknya sangat besar yaitu, akan lupa dengan kegiatan-kegiatan yang sementara masih penting ketimbang hal-hal yang sifatnya sesaat gembira dan senang saja. Oleh karenanya, jangan muda terpengaruh dengan globalisasi yang mana memengaruhi kehiduapan kita. Namun, lakukanlah globalisis ini menjadi panutan kedepan.

Penulis : ( SMK Tunas Bangsa Timika Papua)




TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Pengaruh Globalisai Terhadap Remaja Papua