BREAKING NEWS
Search

Sumpah Pemuda, Sebagai Motor Penggerak, Mewujudkan Persatuan yang Kokoh


Foto Istimewa Alex

Oleh : Alexander Gobai

Awal dari pergerakan sumpah pemuda, yang dibentuk pada tanggal 28 Oktober 1928 ialah mengajak seluruh kaum muda/I, untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam melawan para penjajah. Sepanjang perjalan itu, para muda/I, mengetahui betapa kesengsaraan dan penderiataan yang dilakukan oleh kaum penjajah kepada masyarakat terutama kepada kaum muda.
Karena mengalami seperti demikian, selama perjalanan dengan kekerasaan, maka terbentuklah Organisasi Sumpah Pemuda, yang didirikan oleh kaum muda, yakni Budi Utomo dan kawan-kawannya, pada tanggal 28 Oktober 1928. Selama terbentuk organisasi ini, tak pernah mengalami kelelahan dalam menghadapi perlawan yang kejam dari para penjajah. Semangat muda itu, tetap ada dalam batin pribadi, dengan  itu, mereka tak pernah merasakan ketakutan kepada para penjajah
Sebab, kaum muda telah mengetahui banyak hal, contohnya kekerasaan dll. Akibat dari itu kaum muda mengetahui bahwa “Selama kami berada di tanah ini, terlalu banyak yang kami rasakan dan diperlakukan kami seperti binatang yang tidak punya kandang”. Artinya bahwa kaum muda/I, pada saat itu, sementara mereka masih dijajah dari para penjajah, mereka tidak pernah berkutik untuk melakukan kegiatan rutinitas mereka. Mereka tak berani mengatakan kebenaran kepada para penjajah. Hanya, bisa mendengarkan dan mengikuti perintah dari para penjajah, hal ini menjadi tujuan pertaman dan terutama kepada kaum muda/I pada masa itu .
Pergerakan persatuan kaum muda/I telah menjadi nampak. Sepanjang perjalanan kaum muda/I berani mengatakan kebenaran , biar dalam kondisi bagaimanapun juga. Akan hal ini, dengan sendirinya para penjajah akan merasa takut untuk melawan kenyataan ini. Pergerakan semangat pemuda, memaparkan keberanian untuk melawan penjajah. Sebab hal ini, menyangkut  hak ulayat pribadi. Kami tidak mau diperlakukan seperti anak kambing yang lepas dari induknya. Kami berkeinginan untuk melawan dan mengusir para penjajah yangh sementara mereka berada di bangsa kami ini.
Karena ada punya rasa persatuan dan kesatuan dari pemuda/I sendiri. Maka, terjadi semangat yang tinggi untuk mengahadapi para penjajah. Kaum muda/I ini, memperjuangkan kebenaran. Atas perlakuan dari para penjajah pada saat itu.
Dengen demikian, apakah rasa semangat muda/I untuk generasi kita, masih merasakan hal demikian? Jika ya, apa yang harus Anda dan kita semua lakukan. Dan jika tidak, anda dan saya bahkan  kita semua harus bertanggung jawab atas  kerja keras mereka?
Semangat sumpah pemuda mengajak kita, untuk lebih berani dalam segalah hal. Contohnya “ketika kita masih berada di bangku perkulian, kita harus berani melakukan analisis dengan dosen dan harus mampu melakukan Tanya jawab dengan dosen! Hal ini, yang harus di kejar dengan penuh semangat sebagai kaum muda bangsa indonesia.
Semangat kaum muda, harus dipertahankan dan harus dikejar. Karena kaum muda/I merupakan patokan untuk membangun nusa dan bangsa Indonesia. Akan hal ini, kaum muda perluh mengetahui banyak kegiatan atau permasalahan yang terjadi. Karena kaum muda juga merupakan alat gerak untuk muwujudkan bangsa ini.
Perluh diketahui bahwa, kaum muda adalah motor penggerak untuk mewujudkan bangsa ini menjadi lebih baik. Karena semua yang menyangkut dengan permasalahan itu, menjadi tanggung jawab kaum muda/i. Jangan merasa putus asa dalam mengahadapi kenyataan ini, tetapi tetap semangat dalam mengahdapi hal apa saja.
Semangat muda memberikan suatu kejutan yang besar kepada para orang tua maupun kepada nusa dan bangsa. Akan hal demikian, tetap semangat dan jangan lupa guanakan semangat anda menjadi batu loncatan dalam memperbaiki kesalahan (permasalahan) yang ada di nusa dan bangsa ini itu adalah tanggung jawab orang muda. (Alexander Gobai/SA)


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Sumpah Pemuda, Sebagai Motor Penggerak, Mewujudkan Persatuan yang Kokoh