BREAKING NEWS
Search

ROKOK DAN DAMPAKNYA


Foto Istimewa @Manfred Kudia



Oleh : Manfred Freddy Kudiai

Mari penerus generasi mudah papua kita amati bersama-sama, barang-barang yang telah terkomsumsi dan telaj  terjual/beli di  pasar, toko, warung, ataupun supermarket. Biasanya pada kemasan selalu dicantumkan daftar bahan–bahan yang terkandung dalam produk tersebut atau biasanya disebut komposisi. Hal ini, untuk perlindungan bagi konsumen dari produk yang berbahaya dan tidak layak untuk dikonsumsi. Lalu, mengapa dalam kemasan rokok tidak dicantumkan komposisinya?
Sebatang rokok mengandung lebih dari 4000 macam zat yang berbahaya dan 43 diantaranya adalah  kandungan zat adiktif, yang membuat ketergantungan  pada rokok sehingga  para perokok tidak punya pilihan, kecuali  mengkonsumsi rokok karena kecanduan. Ini berarti keuntungan jangka panjang bagi industri rokok.
Kini saatnya untuk  kita memberitahukan kepada semua orang bahwa informasi  yang sebenarnya mengenai rokok dan dampaknya, yang terbuat dari apakah sebatang rokok? dan menunjukan kepada semua orang bahwa zat yang terkandung dalam rokok adalah racun dan zat berbahaya.
Bagaimana rokok membuat ketagihan ?
§  7-10 detik setelah rokok dihisap NIKOTIN mempengaruhi otak dan susunan syaraf.
§  Merangsang produksi kelenjar diotak hingga memproduksi DOPAMIN yang menimbulkan rasa nyaman yang menimbulkan efek hingga perokok merasa bersemangat /bergairah dan relaksasio (kelegaan).
§  Ketika kadar nikotin berkurang , perokok ingin merokok lagi (ketagihan/adiktif)
§  Akhirnya KETAGIHAN ROKOK......
Bilah tak dipenuhi akan menimbulkan sakit kepala,marah, cemas, gangguan tidur, mudah tersinggung,sulit konsentrasi.
Dampak adiktif/ketagihan
§  Perokok tak punya PILIHAN terus membeli rokokl, perokok penyumbang keuntungan berlipat ganda pada industri rokok
§  Penumpukan 4000 zat racun ,mengakibatkan berbagai penyakit.
§  Pemiskinanpermanen  bagi rumahtangga miskin

Komposisi sebatang rokok
KOMPOSISI SEBATANG ROKOK
Zat Berbahaya dalam Rokok
Ditemukan pada
Nikotin
Racun serangga
Arsenic
Racun tikus
Cadmium
Baterai mobil/aki
Ammonia
Pembersih toilet
Tar
Aspal
Napthelene
Kapur baru
Lead  
Cat
Aceton
Cat kuku
Benzene
Semen
Butane
Karek api gas
Hydrozine
Bakar pesawat
Formaline
Pengawet mayat
Polonium – 210
Elemen radiaktif
Strearic acid
Bahan pembuat lilin
Toluene
Lem perekat
Karbon monoxide
Asap knalpot
Hydrogen cyanide
Gas racun
Menthol
Obat bius
Phenol
Bahan pembuat plastik

Dampak Rokok terhadap kesehatan
Lebih dari 70.000 artikel ilmia memastikan bahwa merokok menyebabkan berbagai macam penyakit seperti kanker, penyakit jantung, penyakit pembulu darah, otak, berbagai penyakit saluran pernapasan dan lain-lain. Paling sedikit 35 macam penyakit yang berhubungan dengan perilaku merokok.
Resiko ini juga akan alami oleh anak-anak , wanita yang terpapar asap rokok dirumah ataupun di tempat umum. berbagai studi membuktikan bahwa perokok pasif memiliki resiko yang sama dengan perokok aktif. Global  Youth Tabacco Survey mencacat 81 % remaja dan 13-15 tahun terpapart asap rokok ditempat umum.
Kerugian yang lain , merokok mengurangi separuh usia hidup penggunanya, dan setengah hari kematian tersebut, terjadi pada usia (30-69 Tahun ). selain itu biaya kesehatan  yang harus dikeluarkan untuk penyakit yang disebabkan oleh rokok  sangatlah mahal.
Demikian wabah dan bahaya dari sebatang  rokok, kiranya dengan ini teman-teman sadar dan berhenti merokok dan berani mengatakan ada apa dengan rokok, supaya kita kembali ke jalan yang benar demi tanh air kita ini.

Sumber : TOOLKIT REMAJA (kongres Anak indonesia)

Dipopulerkan oleh : Siswa SMK N 1 kuala kencana, Timika Papua



TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “ROKOK DAN DAMPAKNYA