BREAKING NEWS
Search

MENETAS KEMANDIRIAN MENGGAPAI KESEJATRAAN


Foto Istimewa @Jekson Degei


Oleh : Jeckson Degei

Globalisasi yang kini mengaruh biru dunia bercirikan liberalisme. kita masuk pada globalisai era persaingan bebas, istilahnya seperti “siapa yang kuat dialah yang menang”. Namun  kebijaksanaan liberalisasi yang disusun pemerintah diberbagai sektor perekonomian  jusrtu mengancam ketahanan ekonomi nasional. Papua menjadi telapak tangan pasar yang empuk  bagi produk-produk impor. Papua terus menerus menjadi pengobrol sumber daya alam  (SDA) yang merupakan aset  sangat berharga dan bermanfaat bagi generasi penerus. Seperti negara-negara industri maju pun datang membeli bahan menta dan kemudian kembali  menjual pruduk bernilai yang lebih tinggi. Seperti bahan baku dan alat-alat berat contohnya (mesin, mobil, bahan elektronik, sepeda motor  hingga peralatan rumah tangga) hal ini menjadi titik pusat pengambilan segala macam bahan di papua.
Papua ini menghadapi permasalahan yang sangat besar di bidang Ekonomi, hal ini terjadi karena kita kurang  usaha untuk meningkatkan dan mengembangkan bakat dan potensi yang kita miliki, sehingga masalah terjadi seperti yang kita lihat sekarang. padahal  kita juga bisa mewujudkan  kemandirian ekonomi nasional. Orang papua ini lebih besarnya dan  lebih banyaknya berperan sebagai pemasak bahan baku, lapangan pekerjaan yang ada di papua hanyalah untuk orang yang datang  belakang. Kita hanya datang cari makan, dan kita-kita ini menyediakan orang–orang yang datang dari luar, padahal kita yang punya tanah, kita yang punya daerah, produk terbesar di dunia. Namun,  itu semua telah menjadi mimpi sebab sudah  dikelolah oleh orang lain, kenapakah kita tidak bisa mengolah kita punya tanah sendiri? padahal kita juga bisa dan bisa! Apakah peran seperti  itu kita teruskan?  ini adalah tugas terbesar bagi generasi penerus bangsa dan untuk kita semua masyarakat papua. Di pundak kitalah terletak sebagai dapur dunia, maka marilah kesempatan ini, kita perghunakan dengan baik agar bangsa papua kita lebih mandiri, berdaulat, dan bertanggung jawa. Oleh karena itu, bangsa ini lebih membutuhkan genersi penerus yang cakap dan bermutuh dan sekaligus berintelektual (terampil, mandiri, paham dengan seluk beluk perekonomiaan globalisasi dan pahan dengan penderitaan rakyat). Maka kita sebagai generasi penerus bangsa  harus  berwawasan yang luas, kalau  kita sudah memahami semuanya  itu untuk menetas kemandirian dan menggapai kesejatraan akan terwujud dan tercapai.
kalau bukan sekarang kita laksanakan kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi yang akan bertindak dalam penahanan masalah tersebut ini.

 Penulis : Siswa SMA Negeri 1 Timika, Papua


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “MENETAS KEMANDIRIAN MENGGAPAI KESEJATRAAN