BREAKING NEWS
Search

KATA HENDAKNYA SEJALAN DENGAN PERBUATAN


Foto Istimewa @Manfred Kudiai


Oleh : Manfred Freddy Kudiai
Dalam praktek kehidupan manusia sehari-hari sering kita rajin sekali menentukan berbagai macam  peraturan dan tuntutan serta memberikan seribu satu macam alasan atau nasehat kepada orang lain, sehingga  mereka menjalankan peraturan/kaida sesuai dengan petunjuk. dan bahkan kita juga cukup tegas dalam  bertindak terhadap mereka, akan tetapi terhadap diri  sendiri, kadang kita berbuat lain dari yang lain dan tidak sesuai dengan pemahan kita sendiri. Kita mala lunak  terhadap diri kita sendiri, padahal orang lain sangat mengharapkan kita menjadi teladan bagi mereka yang membutuhkannya, baik dalam kata-kata bijak “kata-kata mengajarkan, tetapi perbuatan meyakinkan “ apabilah hidup kita berlandaskan  prinsip orang bijak, maka kita boleh berbangga menjadi suri teladan  yang baik bagi orang lain. Dengan demikian, maka kita benar-benar memahami setiap kata yang keluar sejalan dengan perbuatan.
Di negara kita ini, dikenal dengan negara hukum, namun sayangnya hukum tidak berlaku adil, dan hukum dapat  dijual/belikan, yang salah dibenarkan dan yang benar dipersalakan. Tokoh-tokoh penegak hukum di pengadilan, mereka mengadili orang yang bersalah namun dibalik itu mereka sendiri belum selidiki, buktinya tokoh-tokoh penegak hukum sendiri berada di peredaraan  serta pengguna NARKOBA dll.
Sifat–sifat  dan cara inilah yang merusak perdamaian dan persaudaraan antarsesama. Dengan hal itu, menimbulkan konflik  bermacam-macam, kenapa bisah terjadi demikian? Nah semunya terjadi karena setiap kata yang keluar dari mulut seseorang tidak sejalan dengan perbuatan, kata sekedar hanya kata, tidak diikuti dengan perbuatan.
Sifat dan kelakuan ini pun terjadi di bumi cendrawasihku ini, terlebih saat pemilihan kepala-kepalah daerah, baik untuk provinsi (Gubernur  dan wakil gubernur) dan untuk  kabupaten (bupati dan wakil bupati). Kita sering mendengar janji-janji palsu yang selalu keluar dari mulut mereka. Saya akan melakukan ini, dan itu, pendidikan dan kesehatan gratis, pembangun fasilitas umum dan lain sebagainya. Setelah menduduki jabatannya dia bukan berada di tempat dimana ia memimpin , tapi pergi bersantai dan berpesta pora di pulau Jawa. Dengan begiti, tentunya banyak orang akan mengatakan Janji adalah utang! yang harus tepati bukan basa–basi. Inilah ungkapan-ungkapan yang  mengandung makna KEJUJURAN. Olej krena itu, orang yang terkenal  tukang bikin janji palsu  atau gombal, selalu diwaspadai. Takut terbius  dan terbui  kegombalannya.
Kita memang sangat senang saat kita mendengar  dan mendapat janji. tentu diserta dengan sebuah harapan bahwa janji itu kelak dapat dipenuhi. “ungkapan tanpa bukti itu basa-basi atau omong kosong. Janji yang tidak ditepati itu namanya penipuan atau  kata kasarnya : pemalsuan diri sendiri .” lalu siapa mau menjadi penipu dan orang palsu seumur hidup ? haruslah setiap kata yang keluar dari mulut sesuai dan sejalan dengan perbuatannya.

Penulis : Siswa SMK N 1 Kuala Kencan Timika, Papua


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “KATA HENDAKNYA SEJALAN DENGAN PERBUATAN