BREAKING NEWS
Search

Rusakanya Keindahan Alam Pantai MAAF


“Hidup dalam Kebersihan Lebih Menyenangkan, Melainkan Hidup dalam Suasana yang Kotor”

Oleh : Alexander Gobai

Kita ketahui bersama bahwa, keindahan Pantai memeliki potensi yang  sangat beraneka ragam. Selain itu juga, memiliki bermacam-macam Sumber Daya Alam yang sangat kaya. Namun, karena tindakan-tindakan manusia yang tidak memiliki rasa moral dan tanggung jawab atas Alamnya sendiri, akibatnya akan terjadi kepunahan atas hewan-hewan, tumbuh-tumbuhan, serta abiotik yang terkandung di sekitar lingkungan pantai MAAF . Oleh karena itu, rasa moral dan rasa tanggung jawab perluh ditanamkan dalam kehidupan  bermasyarakat sehingga keindahan di pantai MAAF terjaga dan terlindung dengan nyaman dan aman.
Dengan demikian, yang menjadi pemicaraan pada alinea diatas telah menjadi salah, ,mengapa? Karena kebanyakan masyarakat dapat membuang sampah di pantai MAAF, apabila masyarakat membuang sampah di pantai MAAF, akibatnya akan muncul seperti sakit-sakitan (penyakitan).
Begitu pun juga ,Jika sampah dibuang sebarangan tempat aka memunculkan berbagai musiba seperti: kebanjiran, dan tsunami. Oleh karena itu, yang menjadi problem yaitu, mengapa sampai masyarakat membuang sampah pada tempat yang tidak sewajarnya atau tidak sepantasnya, maka hal ini perluh dipertanyakan?
Pada tanggal 14/07/2011, yang bertempat di Pantai MAAF. Sekeluarga besar Adhi Luhur mengadakan kegiatan  pembersiahan di pantai MAAF. Hal ini berarti bahwa kami menegaskan kepada para pedagang atau entah siapa pun agar tidak lagi membuang sampah di daerah sekitar pantai MAAF, sebab ini menyangkut dengan kehidupan kita sendiri. Kemudian, ada ibarat yang mengatakan, bahwa  kehidupan yang bersih lebih baik dari pada kehidupan yang kotor. Kemudian, hal ini juga menyangkut dengan kepedulian dengan orang lain, baik dengan sampah, maupun diri pribadi dan mengingat bahwa dengan kebersihan, dan keindahan pasti situasinya atau keadaannya akan lebih nyaman dan aman.
Keindahan sangat mendukung kita, apabila kita memunyai insiatif yang kokoh untuk dapat berperang dalam mengamankan sampah yang penuh di daerah pantai MAAF. Jika hal ini terbukti di  tengah masyarakat maka kehidupan akan lebih indah, aman, tentram, dan nyaman.
Dengan demikian, kehidupan sekarang ini boleh dikatakan kehidupan yang penuh dengan  sampah, mengapa? Hal ini memang terjadi (fakta) di pantai MAAF. Jika kita melihat dengan sendiri maka kehidupan sampah yang paling banyak di daerah pantai MAAF, Padahal pantai MAAF ini sangat terkenanal.
Untuk itu, marilah saudara/I janganlah ,membuang sampah di pantai MAAF, karena pantai ini sangat berharga bagi masyarakat sendiri. Oleh karena itu, penulis menegaskan kepada pihak pemerintah agar wajib untuk melakukan PERDA yang lebih ketat. Sehingga sampah yang terhamburan secara begitu saja dapat dibuang pada tempat yang sewajarnya. Hal ini karena  menyangkut dengan keindahan dalam suatu lingkup yang besar, yang di maksudkan ialah agar kebersihan kota nabire lebih aman, dan nyaman.
Dengan demikian, wahai muda/I, serta para pedagang janganlah membuang sampah di sembarang tempat khususnya d pantai MAAF. Ingat bahwa kesehatan yang bersih tergantung pada keberisihan, jika kita bersih maka kehidupan kita akan lebih sehat pula.
Penulis (Siswa Kls XI IPS Rostow Boy’s SMA YPPK Adhi Luhur Nabire, Papua)


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Rusakanya Keindahan Alam Pantai MAAF