BREAKING NEWS
Search

Belajar Menjadi Sosok Pribadi yang Tegar dan Berani



Redaksi Kabar Mapegaa, Alexander Gobai


Oleh : Alexander Gobai

Melihat dari topik di atas, penulis ingin menjelaskan bahwa sosok pribadi yang tegar dan berani merupakan sosok pribadi yang bertujuan untuk dipersiapkan dan atau mempersiapkan diri dalam melakukan kontak interaksi dan komunikasi antara orang lain, sehingga dengan cara berpikir nantinya membawa perubahan pada masyarakat.

Ketika terjadi kontak antara sesama, walaupun belum ada persiapan yang lebih matang guna membawa perubahan di masyarakat yang lebih jelas. Tetapi secara kasat pribadi akan ditentukan bagaimana sosok pribadi harus ditempatkan di area yang lebih baik. Sehingga pribadi muda menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kehidupan sosial yang ada, lalu bisa menyikapi persoalan yang datang secara tiba-tiba.

Berdasarkan ini, ada pepatah mengatakan :”kehidupan bukanlah jalan yang lurus dan mudah dilalui dimana kita bisa berpergian bebas tanpa halangan. Kehidupan seringkali berupa jalan-jalan sempit yang menyesatkan, dimana kita harus mencari jalan, tersesat dan bingung! Sering rasanya sampai pada jalan tak berujung. Namun, jika kita punya keyakinan kepada Sang Maha Pemilik Kehidupan, pintu pasti akan dibukakan untuk kita. Mungkin bukan pintu yang selalu kita inginkan, namun pintu yang akhirnya akan terbukti, terbaik untuk kita” A.J Cronin

Artinya bahwa menjadi sosok pribadi yang tegar dan berani yang tujuanya bisa menyikapi segala persoalan yang ada. Harus ada persiapan yang lebih matang sebelum bertindak. Maka, untuk menyikapi pepatah yang diatas, tentunya kita diajarkan untuk menyesuaikan diri dengan segala bentuk. 

Entah menyesuaikan diri dengan lingkungan keluarga, sosial maupaun sesama kita. Artinya bahwa hidup adalah belajar. Belajar untuk menyesuaikan dan bertindak sesuai dengan teka-teki yang sudah dipersiapkan oleh-Nya.

Ini semua dipersiapkan kepada individu guna melayani kepada sasama. Walaupun pengetahaun yang didapatkan oleh pribad hanya 50% dari pengetahuan totalnya. Namun, secara pribadi perluh bersyukur bahwa kita diberi nafas untuk berkarya  bagi sesama dengan mengunakan sepengal pengetahuan itu. Maka, lakukanlah selalu yang terbaik yang kita bisa.

Menjadi sosok pribadi yang tegar dan pemberani tidak semuda membalik telapak tangan pribadi. Namun, membutuhkan suatu proses yang berulang-ulang kali. Sehingga pribadi benar-benar memahami apa yang dipelajari itu. Dan ketika di lapangan benar-benar diterapkan kepada masyarakat.

Dan juga membutuhkan daya juang yang tinggi, punya kemauan yang bulat, perlu berkomitmen entah dalam masalah apa pun. Ketika tejadi relasi antara itu semua, maka secara otomatis pribadi akan merasakan penampialan akan berbeda dari pada penampilan sebelumya. 

Maka belajar adalah kunci utama dalam hidup. Hidup akan benar-benar hidup bila disiasati dengan kemauan dan daya juang yang tinggi. Juga, perluh lakukan selalu yang tebaik yang kita bisa.

Penulis:  Tinggal di Timika, Papua



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Belajar Menjadi Sosok Pribadi yang Tegar dan Berani