BREAKING NEWS
Search

Hari Pencoblosan, Pantauan Trias-Politika Katakan Gagal


TRIAS-POLITIKA (Yudikatif, Legislatif dan Eksekutif)/@Ist

Timika, KABAR MAPEGAA—Rabu 09 April minggu lalu, merupakan  hari jatuh tempohnya pencoblosan untuk calon legislatif DRP RI, Provonsi, Daerah dan DPD Provinisi. Semua lapisan warga Negara Indonesia (WNI) berhak untuk melaksanakan pemilihan dengan pemimpin yang dinginkan.

Sebelum hari pencoblosan, KPU Pusat dan pemerintah Indonesia sudah menetpakan bahwa bagi warga yang terkena Tuna Netra, Runggu dll. Akan dilaksanakan di tempat khusus atau di asrama-asrama mereka, demi melangsungkan pencolosan yang dinginkan

Tetapi, hal diatas tidak direalisasikan di beberapa pulau tak terkecuali Tanah Papua. Banyak warga papua yang tidak ikut melaksanakan hak pemilihan. Kenyataannya sudah jelas bahwa warga yang terrkena Tuna Netra, Runggu dll. tidak dilasakanakan. Ini adalah perlakuan yang tidak adil. 

Demikian dikatakan Menase Degei, yang juga sebagai Pemantauan Trias-politika legislatif, yudikatif dan  eksekutif Papua, di Timika, Selasa (15/04) kepada www.mapegaa.blogspot.com belum lama ini.

Hari pemilihan tahun ini, saya katakan telah gagal. Karena banyak warga papua yang masih  tidak melaksanakan hari pesta demokrasi sebagai hari pemilihan umum,”katanya

“ini menandakan bahwa pemilihan legislatif tahun 2014 telah gagal totol,”tegas Menase yang juga sebagai Wartawan Hubungan Masyarakat Seluruh Indonesis (HUMASI).

Menase menilai, KPU Pusat dan pemerintah telah mengkacaukan peratuaran yang sudah dinyatakan akan dilaksanakan sesuai dengan penerapan peraturan yang ada. Tetapi, peraturan itu hanya penipauan belaka. Dimanakah rasa keadilan yang baik, sebagai penerapan di hari pencoblosan,”urainya

Untuk kedepan, bila ini terjadi lagi, lebih baik tidak boleh dilakukan pencobloksan di tanah papua pada umumnya dan pada khususnya di timika. Kalau ingin coblos kasih orang luar papua saja, lebih baik,”Bungkamnya (Alex G/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Hari Pencoblosan, Pantauan Trias-Politika Katakan Gagal