BREAKING NEWS
Search

Sahabat adalah Sang Motivator


oleh: Gobai Anselmus
ilustrasi Arti sahabat .kepunyaan satu untuk bersama, mereka adalah Yoris Bunai, Damianus Gobay yang sudah tiada dan ,Marselino Gobay, Ruben Mote dan Manfred.
Teringat kisahku bersama Lima sahabat beberapa tahun lalu, karena kaematian dua dianara telah berada didunia lain ,tinggalh kami bertiga, saat-saat sepih pun menemaniku saat-saat itu pulah kubertanya Mengapa semuanya ini dapat terjadi, ? namun apa boleh buat ,kematian tak dapat kita menolaknya, dengan kematian pulahlah yang  memisahkan diri antara saya kedua sahabat saya, Sekarang tinggalah Tiga serangkai padahal kami saling melengkapi saat-saat kami  menempuh study di SMA YPPK TIGA RAJA TIMIKA   .
Kami selalu bersama-sama baik saat pelajaran berlangsung di kelas maupun diluar kelas, bahkan sampai diluar jam sekolah, kepunyaan satu untuk bersama, mereka adalah Yoris Bunai, Damianus Gobay yang sudah tiada dan ,Marselino Gobay, Ruben Mote ,duduk bersama sama saat belajar  disekolah mapun saat kerjakan  tugas rumah dari ibu bapak guru, itu dalah kebiasan kita saat kami SMA.
 hari demi hari berlalu, keakraban kita terbentuk sendirinya ,identitas diri, watak serta kelemahan dan kekurangan kita saling mengenal antar satu dengan lain.
Kenanangan ini saya tidak akan pernah melupakannya dari ingatan saya, yang pernah terjadi  saat awal masuk mendaftar dan setelah kami diterima menjadi Murid-murid SMA tersebut.
Dua minggu berlalu, minggu yang minggu ketiga,  saat mata pelajaran biologi, kebetulan saat itu kami semua didalam satu kelas, dan pelajaran biologi saya sangat menyukainya, saat itu guru saya yang mengajar biologi adalah  bapak Ropinus, biasanya setiap pelajaran pasti pengenalan dulu sebelum beranjak ke materi selanjutnya,
 siapa yang tahu apa itu biologi…..? pertanyaan itu adalah pertanyaan awal yang diberikan oleh pak guru sebagai perkenalan saat itu, “pak, menurut saya,biologi berdasarkan  bahasa latin terdiri dari dua kata yaitu : bio=hidup dan logos=ilmu jadi, biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk makluk hidup’’ benar sekali, tepuk tangan buat ansel. Ujar paguru. Saya dapat menjawab karena dari SMP L D kokonao, aku senang pelajaran biologi dan senang gurunya sehingga aku masih terekam di memori saya atas pertanyaan tersebut.
Setelah itu teman teman kelasku bertepuk tangan buat jawaban saya.
“Gobay bikin, ko bisa, saya mendukung, mau lawan kokonao kah…? Bikin,….ujuar almarum Dami yang selalu memberiku semagat, motivator  untuk saya dan teman- saya baik dari timika maupun sejak kami Smp  Dikokonao.
Setiap jam pelajaran biologi berlangsung saya selalu termotivasi oleh teman-teman ku serta kelima sahabatku sehingga saya pun semngat untuk lebih mencintai mata pelajaran Biologi, apalagi Dami, selalu bakar saya dengan kata KOKONAO KO BIKIN....! maksudnya ialah kami tamatan Kokonao juga bisa walaupun sekolah kami di dusun (daerah terpencil) , dengan semagat tersebut saya selalu diberi pertanyaan oleh guruku serta teman-teman kelasku, ya..walaupun saya kurang memahami tetapi saya kangsung menjawab setiap pertanyaan yan mereka tanyakan kepada saya. Dorongan dan motivasinya dari teman-teman terutama oleh keempat sahabat saya yang sangat luar biasa buat saya , sehingga  saya tambah giat belajar mata pelajaran biologi.,namun bukan hanya Biologi tetapi bidang studi lainnya.
Diriku termotivasi oleh Dami serta tiga sahabat lainya sehingga saya mendapat rengking (II) aku mangga kepada saudara Damianus gobay  serta ketiga sahbat saya, megapa ? karena tampah campur tanggan  Tuhan serta teman teman kelasku dan keempat sahabatku aku yakin tidak  bisa mendapat Rengking tersebut dikelasku.
Saya pun selalu terdorong dan semagat oleh motivasi-motivasinya sehingga saya pernah terlibat dalam olimpiade sains SDM Se-Papua yang pernah diselengarakan di Kota  Jayapura, mewakili Kabupaten Mimika.
Detik-detik kebahagiaanku datang pulah kesedian, saat sahabat karibku (mank) menelpon aku saat saya lagi dalam pertempuran dikota Jayapura, kalau –kalau Sang Motivator  saudara  Damianus Gobay Telah meninggal dunia, ditabrak Truck. Saat saya mendapatkan info tersebut, saya terpaku dibawah meja, seakan tiada harapan lagi, waajahnya pun mulai nampak di keningku seakan dia sedang bercurhat denganku, terdengar motivasi- mitivasi yang sering dia berikan buat saya. Apalah dayaku saya terima semuanya karena semuanya itu Tuhan telah mengaturnya sejak kita dilahirkan dari kandungan Ibu.
Tibahnya saya di Timika, saya pun bergegas menuju ke sekolah dengan harapan semoga say berjumpah dengan sahabku sekaligus motivator saya, Epogou gobai, namun tidak juga kujumph, saat itupun saya merasa kalau memang dia telah menghilang dari Duniaku. Dan yang saya jumpah disekolahku hanyalah Marsel gobai Dan Ruben Mote, lalu saya pun bertanya - tanya  Yoris Diaman , setekah saya cari tahu beberadaannya ternyata ia pun diberangkatkan oleh keluarganya ke Pania, dikarenakan kesehatannya tterganggu (sakit). Satu mingguh kemidian datang pulah berita duka Kalau Yoris telah meninggal, rinduh akan senyumnya pun muncul, hati terasa berat  air matapun jatuh dengan perlahan-lahan  mengalir membasahi dipipiku dengan  sendirinya, sambil berimajinasi  kembali pengalaman saat saat belajar bersama dikelas, hanya seuntai doa, oh  Tuhan Allahku disurga, terimahlah meraka kedalam tanganmu dan ampunilah dosa meraka saat saat hidup di dunia. selamat jalan  saudara dua (gobai & Bunai) .Marselino pun pindah sekolah ke jayapura, sunyilah saya tidal ada semagat lagi menjalani hidup di detik-detik terakhir untuk menghadapi Ujian Nasional.
Namun saya tidak semudah itu patah semamgat karena masih bersama saya sahabt baikku Ruben mote, yang selalu menemani saya saat duka ,duka, senang maupu sedih. Kehadirannya membuat saya semagat lagi , ia adalah sosok yang memberiku semngat untuk menjalani detik-detik terakhir saya di SMA Tiga Raja timia, kemanpaun kita pergi berduaan sampai pada saat Ujian Nasional Berakhir.
Pesan dari penulis buat pembaca Redaksi kabar mapegaa, kita  sebagai manusia perlunya memiliki seorang motivator  dalam bidangnya yang dimilikinya sehingga dia merasa bahwa saya di hargai dan di puji puji dalam bidang saya,  sebab saya  yakin orang tersebut merubah pikiran untuk menciptakan semaga belajar dan berusaha keras dalam bidang study yang dia miliki, sehingga papua yang kita rencanakan terwujud.
Kehilangan sahabat bagaikan kehilngan dunia, sahabat selamanya bersama namun kematianlah yang memisahkan. Cintailah sahabmu yang lebih  dibanding Pacarmu, sebab sahabat sehidup semati setiap susah maupun senang , dialah yang lebih kenal kita dibanding Pacar kita.
Penulis adalah Mahasiswa Papua yang sedang Kuliah di Yogyakarta.


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Sahabat adalah Sang Motivator