BREAKING NEWS
Search

ANALISA PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM PAPUA"

ilustrasi : alam Papua "Analisa pemanfaatan sumber daya alam Papua"/KM
Pemerintah papua harus siapakan Sumber Energi; Karena ada ratusan sungai-sungai yang bisa dikelolah untuk sumber energi, Penyediaan Sumber Energi sangat bermanfaat untuk pengolahan SDA kita. Karena ada ribuan cadangan kekayaan kita yang masih tersimpan. Tidak terlepas dari itu, maka pemerintah siap membangun infrastruktur pengelolahan Sumber Energi di berbagai sektor. Dum sebagai penampung air dari berbagai sungai, entah itu sungai dari gunung atau pun turunya hujan, semua ini penting bermanfaat buat kebutuhan manusia dalam konteks Sumber energi, mengapa saya bilang harus ada menyedian Sumber Energi karena ada ribuan hasil bumi kita yang masih tersimpan dalam Rahim Bumi Papua.

Untuk menghadapi tantagan itu, maka pemerintah menyediahkan biaya infrastruktur sebesar-besarnya untuk menghadapi tantagan itu. Tantangan yang akan dihadapi adalah minyak, logam, batubara, air lutrisi, dll. Semua itu belum dikeruk. Freeport sebagai bulan yang bersinar, tetapi masih ada planet-planet yang masih berkedip-kedip yaitu; bintang-bintang merupakan sumber daya alam yang tersimpan (belum dikeruk), jika itu dikeruk maka bercahaya seperti bulan.

Jika pemerintah jelih melihat persoalan ini maka pemerintah melakukan pendataan SDM sesuai kompetensinya, dari kompetensi itu bisa bermanfaat untuk megelolah sumber sumber itu. Apa yang bisa saya lihat terjadi akhir-akhir ini adalah, Pembangunan Pabrik Smelting di Papua menjdi bahan yg sebenarnya pemerintah Papua bertanggung jawab tentang itu, tetapi yang terjdi adalah studi kelayakan, bukan layak dan tidaknya, tetapi keterlambatan infrastruktur untuk hadapi tantagan itu.

Kisah sejarah yang terjadi ketika pabrik semen pada kontrak karya 1967, Otsus 2001 dan UP4B 2009, tercatat tentang pembangunanpabrik semen, tetapi ini tadak terlaksana dengan baik. Karena yang berjalan adalah proyek individual. Padahal kalau saya lihat, jika pabrik semen dibangun, maka peluang lapangan kerja meluas, dan perputaran ekonomi papua makin meningkat dan kemiskinan akan menurun. Apalagi Sumber Daya Alam yang bisa di perbaharui seperti Pariwisata. Jika semua itu terlaksana maka PERDA dan Perdasus setempat harus ditegahkan, demi melindungi aset-aset kita.

Catatan:  Kalau ada gandum yang tumbuh di pulau itu, bangun pabrik di pulau itu demi kesejahtraan rakyat di pulau itu. Kalau ada emas dan tembaga di pulau itu, bangun Pabrik Smelting di pulau itu demi pembagunan pulau itu.

By :  John Napi Rumkorem (Koordinator, Perhimpunan Mahasiswa Kebumian Energi Papua dan Papua Barat /PMKE - Papua )


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “ANALISA PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM PAPUA"