BREAKING NEWS
Search

MALU BERTANYA SALAH SATU FAKTOR PENGHAMBAT KESUKSESAN

Oleh : Yunus Ekii Gobai
Foto : Istw/YEG/KM

Dalam kehiduan sehari-hari kita, baik di dunia pendidikan maupun di dunia sosial,  kita sering dengar Peribahasa tersebut  , “Malu bertanya sesak dijalan” walaupun  kita mengetahui artinya , kita sangat  sulit untuk memberikan pertanyaan saat kami belum mengerti  tentang sesutu yang sedang  kami ikuti, baik itu materi maupun suatu pertemuan/Diskusi, saat kita berada di dunia Pendidikan baik oleh Guru/Dosen.   “Malu bertanya sesak dijalan” Kutipan : Peribasa Indonesia.

Dengan Malu bertanya kami sering jarang mengerti dan memahami, juga malu bertanya itupun Salah satu pengahambat sukses, Betapa banyak murib atau mahasiswa yang gagal dalam studi karena argumen sepele ini.

Sikap maluh bertanya bisa disebabkan oleh beberapa argumen,  Pertama :  Pandangan bahwa orang yang bertanya itu berarti bodoh, Kedua : Takut di marahi oleh guru/dosen. Ketiga : Khwatir ditertawkan oleh rekan-rekan.  Keempat : Takut dianggap sok tahu alias mentaok. Semua argumen tersebut tak perluh dibiarkan berkembang dan menekan seluruh potensi dan komponen.

Bila orang maluh bertanya dia akan sangat rugi,  bila seorang murib atau mahasiswa maluh bertanya, dia akan kehilangan banyak pengetauhan dan informasi yang berguna bagi jalan hidupnya.

Kalau demikian, bagaimana kita dapat mengatasi rasa maluh bertanya ?
Hal yang pertama yang Perlu kita ketehui ,yakin bahwa bertanya bukan bertanda bodoh, tapi sebaliknya tanda orang mulai paham.  Keedua ,Percaya bahwa guru kita baik, sekurang-kurannya tak mudah marah hanya karena ditanya.  ketiga, seluruh kelas menghargai handai yang bertanya, tidak menertawakannya.

Bila setiap murib menghargai teman, niscaya kita semua akan munking maju dan bersatu. Di sana tanpak cinta kita !


Penulis adalah Mahasiswa Papua yang Sedang  kuliah di bogor


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “MALU BERTANYA SALAH SATU FAKTOR PENGHAMBAT KESUKSESAN