BREAKING NEWS
Search

Menulis Itu Mudah, Menyenangkan dan Meningkatkan Pola Berpikir

Alexander Gobai/KM
KO dan SA, Pasti Bisa. Apa yang sulit. Kitong sudah moo. Iyo toh. Mari tong mulai sudah. Ayooo,ayooooo.

***

Sebelum saya, menjelaskan arti dari menulis, terlebih dahulu, saya ingin memperkenalkan pribadi saya. Saya adalah penulis pemula, yang hanya mencoba melatih menulis, bagaimana cara menerapkan kata per kata dalam sebuah kalimat hingga menciptakan kalimat dalam sebuah paragraf.

Saya, Alexander Gobai, yang juga sebagai penulis pemula di media online www.kabarmapegaa.com. Mungkin ini, saja yang bisa saya perkenalkan kepada kawan-kawan pencinta menulis.

***

Kawan-kawan.  Menurut saya menulis itu sangat menyenangkan dan muda sekali, untuk kita pelajari melalui melatih (praktek) dan kita ketahui secara bersama-sama. Ketika kita sudah mengetahuinya, pasti itu sangat muda dan menyenagkan. Tetapi, juga sangat berat bagi yang baru memulai meninjau penulisan.

Maklumi saja, itu adalah permulaan untuk kita tetap konsisten dengan banyak tantangan dan rintangan. Dan secara otomatis, lama ke lamaan kita akan merasakan kenyamanan ketika kita sudah melatihnya secara berkali-kali.

Kawan-kawan, menulis merupakan sebuah kode etik yang ada pada otak, yang secara matematika akan mendikte kata perkata yang sudah ada dalam pikiran yang kemudian rencananya akan kita terapkan dalam sebuah tulisan. Secara wujudnya, munulis itu bagian dari tangan (hasil kreativitas) dari diri pribadi.

Menulis juga merupakan sebuah tangan yang akan terus bergerak dalam tiap masalah. Karena dengan adanya masalah justru itu yang akan kita terapkan atau menulisnya. Karena menulis adalah sebuah otak, hati dan tangan yang berdiri bersama-sama.

Kawan-kawan, menulis itu sangat penting untuk kita mengetahui secara mendalam. Karena dengan banyak menulis kita akan  merasa nyaman ketika masalah datang menghampiri kita dalam tiap langkah.

Kawan-kawan , menulis itu muda dan menyenangkan. Bila, kita sungguh-sungguh menciptakan kemauaan yang bulat dalam diri pribadi. Berdasarkan kemauan yang tinggi saja, sudah membuktikan sebuah kekuatan untuk kita menciptkaan sesuatu yang baru. Melalui tulis-menulis.

Kemauan adalah landasan dan dasar untuk memulai segala sesuatu. Setelah memunyai kemauan, kini bagaimana kita terapakanya kemauan itu, sehingga benar-benar terjadi dalam hidup.

Kawan-kawan, jangan kita berpikir bahwa menulis itu sangat berat. Tetapi, yang perlu kita terapkan dalam hidup ialah  kalimat yang berbunyi saya bisa dan menulis adalah menyenangkan.” Dengan kata bisa, semuanya yang kita merasa tidak bisa, akan bisa. Yakin dan percaya itu, sobat…!

Hilangkan perasaan tidak bisa, sewaktu kita berada pada situasi yang bersalah dan tidak bahkan tempat dimana saja. Tingkatkan kata bisa dalam setiap langkah dan dimana saja kita berada dan tinggal. Dengan demikian, lama kelamaan dan secara tidak sengaja dia akan nampak, dan tentunya akan bisa. Walaupun, kita tidak merasa tetapi, kata bisa itu yang membuat kita bisa secara langsung.

kawan-kawan juga, perlu ingat bahwa dengan banyak menulis, membuka pola berpikir. Ketika kita berbicara di depan banyak orang, kata-kata yang kita ucapkan akan tersusun dengan rapi dan enak didengar. Hal itu yang menjadi harapan kita bersama kan, bukan? Disamping itu juga membaca adalah salah satu hal yang baik untuk perkembangan otak kita.

Maka, pada intinya ialah ketika memulai sesuatu tak terkecuali menulis, harus menghilangkan rasa ketakutan dan kata tidak bisa. Dengan mencul hal demikian, membuat kita akan semakin mundur dan akan sulit kita menemukan sesuatu yang menjadi kerinduan kita.

Adapun langkah-langkah dasar untuk memulai menulis, antara lain :

1.   Hadirkan atau ciptkaan kemauan yang tinggi

2.   Percaya diri

3.   Mulai praktek

4.   Sabar

5.   Bertanggungjawab dan

6.   Konsisten

Hanya itu saja, yang menjadi dasar untuk kita terapkan dalam kehidupan. Ketika kita berhadapan dengan hal yang baru, dan kemudian ingin mengetahuinya secara mendalam. Saya merasa dengan beberapa poin di atas sudah mewakili dari sekian banyak pendapat.

Kawan-kawan, bila kita sudah menerapakan hal di atas, saya yakin kita akan bisa melawan dunia dalam dunia tulisan. Dan pastinya kita akan menjawab setiap masalah yang datang ketika masalah ingin mejatuhkan kehadiran kita di dunia ini.

Hanya itu saja, yang saya bisa bagikan kepada kawan-kawan pencinta menulis. Saya berharap kita harus maklumi itu.

Demikian, thanks gays. Hehehehe. Selamat mencoba menulis.

Syallom.



Gobai Alexander Penulis di Media Online Kabar Mapegaa (KM)


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “ Menulis Itu Mudah, Menyenangkan dan Meningkatkan Pola Berpikir