BREAKING NEWS
Search

Jurusan Yang Anda Pilih Adalah Hidup Masa Depan


Ist@ Situasi berpikir memilih jurusan.
Oleh : Alexander Gobai

Akhirnya-akhirnya, banyak sahabat-sahabatku, sibuk dengan perkulian, terutama mahasiswa baru. Baik dalam memilih Universitas (University), fakultas (Faculty), dan jurusan (majors) yang ingin mereka jadikan sahabat dalam menempu kehidupan masa depan. Yang dimaksud di sini ialah sebuah pilihan. Pilihan (choice) adalah sebuah tanggungjawab yang harus dijalankan dengan penuh rasa kesabaran tetapi konsisten. Karena sebuh pilhan adalah garis untuk menempu hidup masa depan.

Hal ini juga langusung menyinggung pada cita-cita (aspiration). Apakah pilihan yang kita pilih itu tepat atau tidak. Jika, tepat maka jadikanlah jurusan yang Anda pilih adalah sebuah tanggungjawab. Bila tidak nyatakanlah kemampuan untuk menjawab bahwa “saya tidak bisa dan saya harus pilih yang lain (I cannot and I have to select choose otherly)”.
 
Sebab masalah ini, bukan masalah hidup untuk sesaat. Melainkan hidup untuk  selamanya.  Sekali pilih untuk selamanya.

Pilihan ada di tangan masing-masing. Tidak bisa ditentukan oleh orang lain.  Termasuk keluarga. Kadang keluarga (orangtua), menyuruh anaknya untuk memlih bagian fakultas kedokteran, tetapi anaknya tidak setuju dengan pendapat orangtuanya. Akhinya, terjadi konflik dalam keluarga atau terhadap orangutan dan anak. Juga, hal ini akan bermasalah ketika anaknya mengikuti kemauan orangtua. Belum tentunya anaknya akan sukses dalam menempu kemuan orangtua.

Untuk itu, jangan sampai terjadi terhadap sahabat-sahabaku yang bijak (wise). Bila kau ingin bijak lakukanlah sesuai dengan keinginanmu, dalam hal ini sebuah pilihan. Pilihlah jurusan, yang Anda segani, sukai, gemar, dan berhobby. Sebab, setiap keputuasan adalah tanggungjawab Anda dengan Tuhan.

Sahabat-sahabtaku yang bijak (wise), banyak  terjadi masalah dalam perkulian. Ada yang putus kulia, ada yang hanya ikut organisasi namun kulianya tidak aktif, ada yang hanya ikut ramai di kampus namun tidak tunjukan bahwa saya, sebagai seorang mahasiswa dan ada pula keinginan orangtua yang diterapakan terhadap anaknya, lalu tidak kulia dengan baik.

Selain dari itu juga, masih banyak masalah yang belum tertulis, tetapi perlu diketahui bahwa masa-masalah di atas sering saja terjadi. Masalah-masalah di atas adalah bagian dari pilihan dan keputusan saja. bila tidak komitmen pada sebuah keputusan maka akan terjadi seperti demikian. Tetapi, bila ada keputuasan yang tepat dan penuh komitmen yang tinggi, yakin dan pasti pencapaian untuk menempu kesuksesan akan tercapai pada sebuah target yang telah ditentukan.

Maka, hal ini tidak terlepas pada sebuah pilihan. Jurusan yang Anda pilih adalah hidup masa depan. Sekali Anda salah pilih, sekali mendapatkan resiiko tetapi sekalin Anda tepat mimilih sekali anda bertanggungjawab dengan rasa kebanggan bahwa itu adalah tugas dan renca dari Tuhan.

Dan jadikanlah pilhan adalah sahabat seumur hidup. Pergi dan tinggal harus bersama-sama. Dia terus menanti keberadaan Anda. Dia akan tersenyum bila kau benar-benar mengusai dan tekun dalam jurusan yang Anda pilih. Dia akan tertawa bila kau tidak serius.

Dia akan tetap menetap Anda, dalam perjalanan Anda, walaupun hanya sekali saja. tetapi bila kau mian-main dengan dia hanya sekali saja, dia akan mempermainkanmu seperti permianan sepak bola untuk selamanya.

Dengan demikian, jangan mempermainkan pilihan yang Anda ambil tetapi pegang dan berkomitmen dengan sungguh-sungguh, karena pilihan Adalah tanggungjawab untuk selamanya. 

(Your Choice is responsibility to dive)

Alexander Gobai, Calon Mahasiswa di USTJ, Jayapura, Papua



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Jurusan Yang Anda Pilih Adalah Hidup Masa Depan