BREAKING NEWS
Search

Mempelajari Kelemahan Dan Meningkatkan Kelebihan.

Oleh : Gobai Anselmus

Foto : Ist /Doc A.G/KM

Manusia diciptakan Tuhan menurut citra allah artinya  segambar dan serupa dengannya, tidak sama dengan ciptalah lain seperti hewan dan tumbuhan. Tetapi kita lebih dari pada itu yang mempunyai akal baudi untuk memikirkan atau menciptakan sesuatu lewat kemampuan bakat atau talenta yang  diberikan Tuhan kepada kita untuk mengembangkan sesuatu lewat berbagai kemampuan yang dimilikinya, maka  wajib kita syukuri.

Tidak terlepas, setiap manusia  memiliki kelemahan dan kelebihan dalam diri manusia sehingga berbagai pertanyaan yang muncul, apa si sebenarnya kelemahan dan kelebihan yang melekat pada diri saya dan bagaimana cara untuk menghidupkannya.dan tugas kita sebagai manusia bagaimana cara untuk meningkatkan kelebihan dan mempelajari kekurangan dalam hidup,itu yang sangat diperlukan oleh setiap manusia.

Setiap manusia mempuyai kelemahan - kelemahan  dalam dirinya, yang tidak terbaca oleh diri kita sendiri, sehingga kadang kadang kita merasa bahwa diri kita lebih banyak kelebihan dari pada kelemahan yang kita miliki kepada public. Oleh sebab itu maka tugas kita adalah bagaimana cara untuk mengali kelemahan kelemahan dalam diri kita.dengan cara   bersering serta berdiskusi kepada orang - ornag yang terdekat agar bisa menemukan kelemahan keleman dalam diri kita,sehingga dengan tahu bisa memperbaiki diri/introveksi diri serta mengenal diri kita siapa saya sebenarnya.

Fakta dalam kehidupan manusia, kita selalu menilai kelemahan kelemahan yang dimiliki seseorang  dari pada kelebihan yang dimilikinya,sehingga kelemahan tersebut menceritakan dan mempublikasi kemana mana lewat kata kata dengan orang terdekat, siaran TV, Radio,Hanphpne,serta alat telekomunikasi lain,tentang kelemahan kelemahan serta sifat buruk tersebut. Pada hal diri kita juga terjerumus dalam hal tersebut tetapi kita selalu menutup diri kita dengan berbagai cara dan juga kita pintar untuk menilai orang lain dan  susah untuk memperbaiki diri sendiri.

Dari sisi kelemahannya maka pertama kita harus menilai diri kita sendiri sebelum menilai orang lain agar tidak terjadi seperti  diatas.

Maka, Untuk mengetahui kelebihan  yang kita miliki, dengan cara mencoba dan  melatih diri untuk mempelajari berbagai macam ilmu pengetauan yang ada. Seperti ilmu alam, social, budaya, politik, religious, serta berbagai macam olahraga  dan seni seni yang ada dikalangan masyarakat, maka salah satu bidang atau hal - hal lain yang merasa bahwa diri kita tertarik, dan inginan untuk  mempelajarinya,   itulah bakat kita. Sehingga tugas kita adalah bagaimana cara untuk mengembangkan dan mengali bakat tersebut yang tuhan berikan kepada kita dan itu merupakan suatu tantangan  yang sangat besar  untuk mencobanya.

Contoh ; kita sering mendengar ataupun membaca buku tetang Orang - orang jenius maupun para ilmuan dunia. Dan  sering kita bertanya mengapa mereka sukses atas apa yang mereka cita-citakan ?

Mereka – mereka ini , sudah mengetahui bakat dan kemampun yang mereka miliki tinggal mengembangkan tapi karena dalam pengembangan mengalami tantangan dan godaan dalam mempelajrinya  maka hal tersebut tidak mungkin  berjalan mulus sesuai rencananya, pasti mereka mengalami kegagalan-kegagalan, tetapi karena ketabahan, kesabaran, serta semangat yang tak pernah pudar. Semangat yang bernyala -nyala  bagaikan matahari diwaktu siang hari , untuk mencapai  apa yang mereka cita cita dan mereka harapkan dan berhasil/sukses untuk di rainya.

Mari kita belajar dari pengalaman   orang -  orang jenius  maupun para ilmuan sehingga tercapai tujuan kita.

Kita sebagai manusia bagaimana cara untuk meningkatkan kelebihan dan menpelajari kekuranga antara satu dengan lain, agar bakat dan kemampuan yang kita miliki untuk beretumbuh dan berkembang dalam diri  kita sesuia telenta yang Tuhan berikan kepada kita  mejalani  hidup di dunia fanah ini. (A.G/KM)


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Mempelajari Kelemahan Dan Meningkatkan Kelebihan.