BREAKING NEWS
Search

PERLUNYA MAHASISWA BARU MENGETAHUI ARTI PENTING DARI OSPEK


Ilustrasi : Doc Ist Kabar Mapegaa./KM


Oleh: Frans Y. Pigai 

Istilah OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampu) ini digunakan pertama kali di kalangan Akademisi Universitas. Ospek yang digunakan dikalangan Universitas ini bertujuan untuk mendalamkan makna dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini menjadi dorongan untuk kemajuan dalam bagi para Mahasiswa baru dalam mengambil tindakan dalam berbagai kegiatan yang di selenggarakan di Universitas melalui kegiatan ospek. 

Kegiatan ini wajib ikut bagi para Mahasiswa baru, karena langkah pertama untuk mau masuk di Unsitasiver tersebut, melalui kegiatan orientai studi dan pengenalan kampus. Apa bila seseorang tidak mengikuti kegiatan ospek, maka boleh di katakan seorang tersebut, tidak disahkan atau diresmikan menjadi Mahasiswa baru yang sah di Universitas tersebut. Dengan demikian, seharunya Mahasiswa yang mendaftarkan diri di Univrsitas tersebut perlu mnegikuti kegiatan ospek yang di selenggarakan dari Universitas atau sekolah tersebut.

Ospek juga merupakan salah satu pembentukan diri pribadi seseorang untuk menentukan hasil kemajuan dalam berbagai profesi yang di minati oleh Mahasiswa. Dalam kegiatan ospek ini pula akan membentuk karakter-karakter bagi para calon Mahasiswa baru.

Menurut pemahaman saya, pembentukan karakter (watak) bagi seseorang dalam mengikuti kegiatan tersebut, akan berguna karena akan dibentuk menjadi manusia yang mempunyai kesadaran diri, demi mempelajari materi-materi dan non material yang diberikan mengenai berbagai perkembagan maupun kemajuan profesi dalam nilai meteri dan non materi. Maka, perlunya kita mengetahui nilai materi dan non materi itu apa ?

Dalam kegiatan ospek ini, nilai materi merupakan nilai yang berupa ilmu pengetahuan yang kita pelajari melalui, pengetahui berupa penjelasan-penjelaan maupun pemahaman yang diberikan oleh para pembina atau pembimbing ospek dan para dosen/guru, selama kita mengikuti atau menjalani kegiatan yang berupa ospek, dan untuk menambah pengetahuan perlu pelajari melalui buku, surat kabar, kabar berita maupun media-media yang lainnya. Sedangkan, nilai non material merupakan nilai pengetahuam yang didapatkan melalui kegiatan-kegiatan maupun aktivitas, antara lain permainan, kerja bakti, dan lain sebagainya.

Apabila seseorang sadar akan kegiatan yang dilakukan menjadi dorongan untuk kemajuan, dalam keberanian mengungkapkan saran atau pendapat mengenai hal yang harus di sampaikan dalam kegiatan ospek yang di selenggarakan di Universita tersebut. 

Kegiatan ospek wajib diikuti oleh Mahasiswa baru. Karena kegiatan ini merupakan istilah yang sangat mendalam, artinya salah satu kegiatan yang harus mempelajari berbagai nilai-nilai yang dilakukan dalam bentuk materi, permainan dan juga berbagai aktivitas-aktivitas selama berjalannya proses kegiatan ospek.

Kegiatan ospek juga adalah mengorentasi dan mengenalkan Mahasiswa baru tentang lingkungan Universitas atau sekolah. Orientasi dan pengenalan di artikan sebagai, untuk lebih mengetahui tentang nilai bahkan aturan-aturan yang ada di Universitas tersebut. 

Kegiatan ospek memiliki visi dan misi untuk memperkenalkan kondisi kampus, bahkan seluruh aktivitas meupun nilai-nilai atau aturan-aturan yang ada di Universitas. Misalnya nilai keberihan, kedisiplinan, bahkan nilai untuk menghargai kondisi lingkungan sekitarnya.

Oleh sebab itu, saya sarankan kepada seluruh Mahasiswa baru, kita harus memaknai istilah orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek).

Maka, kita sebagai Mahasiswa baru marilah kita mengikuti kegiatan ospek pada tahun 2014 ini, bertujuan untuk mengorentasi dan mengenalkan Mahasiswa baru atau peserta didik tentang visi dan misi maupun tentang lingkungan Universitas atau sekolah.

(“_Salam Menjalani Ospek_”)


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “PERLUNYA MAHASISWA BARU MENGETAHUI ARTI PENTING DARI OSPEK