BREAKING NEWS
Search

Anak Agadide, Siap Melawan Tantangan : Letak Geografis Menjadi Tolak Ukur Untuk Masa Depan Anak Negeri. (Arti Agadide)

Foto ;Agadide/Ist/KM
Anak negeri Agadide selalu menyuarakan Pandangan dan karasteristik/ciri dari geografisnya yang ada di tempat tinggalnya. Salah satunya, ciri sosok nama Agadidie. Hal tersebut, telah menjadi sejarah bagi generasi ke generasi. Nenek moyang pun akan terus mewariskan nama AGADIDE.  

Agadide dapat dibagi menjadi dua kata yang sangat disignifikan, yaitu: (1.) AGA merupakan Generasi,  (2.) DIDE Merupakan Bagian.

Agadide merupakan bagian generasi yang siap merubah daerah di masa kini dan masa depan. sebab, generasi agadide adalah keharuman bagi daerah demi memajukan dan meningkatkan daerah. menuju masa depan yang lebih bermakana.

Taraf  pada proses generasi adalah hari ini, dan siap untuk maju demi merebut sesuatu yang bisa mengharmkan daerah yang lebih baik. ibaratnya ialah “kalau bukan sekarang kapan lagi”.

Krisi generasi agadide adalah sesuatu yang buruk dan menuju pada ambang kepunahaan dari  segala aspek dari  pribumi agadide itu ssendiri. Untuk itu, generasi kami adalah pembawa ke arah yang siap dan  mampu untuk  membedakan  hal positif dan negetif,  agar generasi mudah,  mampu untuk bersaingan  era global  yang sedang terjadi.

Dalam hal ini, Dide (bagian) sangat  bersifat urgensi.  Namun,  kata DIDE ini diartikan bahwa porsi atau bagian. Landas menjadi harapan dalam segalah aspek. Salah satunya, aspek komunitas mahasiswa/i agadide. Dikatakan porsi ialah  Bagian  yang mutlak.  jika  itu,  bagian dari kami, maka inisiaf dinamika  merancang ke program kader-kader  generasi agadide yang berkualitas dan berkuantitas dalam segala aspek. Salah satunya itu, Kabar Mapegaa (KM),  Melatih diri melalui menulis dan kemampuan mental.

Saya sangat apresiasikan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Karna  ALLAH itu sendiri posisikan saya di bagian ufuk timur, agadide, ekadide, bogobaida, kabupaten paniai. berdasarkan yang telah diwariskan  oleh nenek moyong leluhurnya.

Kembali pada hakekat luas geografis, yang penuh panorama, berantara gunung bukit mudah memandang punya mengisi material yang bisa menguntungkan kebutuhan tertentu. Bahkan, pula juga  ciri manusia diiringi dengan mirip cahaya mata hari, begitu terbit mentari berarti menerima sinar mata hari, haruman petang terlebih dahulu dihembus pada lapan dada anak negeri ufuk agadide.

Kekicauan burung pagi, mendengar suaranya sangat merdu dan indah sekali. Namun, tetapi  hanya karena mengantuk tidak  dapat mendengarkan  suara burung ufuk,  sekalipun generasi agadide besar jangkauan medan daerah yang terbelakang sehingga  generasi demi generasi konstan. 

Dengan demikian, adanya medan jangkauan dari tempat pendidikan  maka opini ini membuat belas kasiannya kepada generasi hari esok Sesuai dengan Motto Kab paniai “Awetako Enaagapida”bersama suara anak pribumi agadide menyampaikan kepada menemukam opini sayangnya pendidikan generasi plosok-plosok  di kampung halaman . (MY/KM)

Catatan : KAX MAI MUYAPA.




TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Anak Agadide, Siap Melawan Tantangan : Letak Geografis Menjadi Tolak Ukur Untuk Masa Depan Anak Negeri. (Arti Agadide)