BREAKING NEWS
Search

Lemahnya Penghormatan Terhadap Nilai Nilai Norma Ham


(Doc.Pribadi Kadepa Ham.Foto Facebook/KM)
Oleh : Ham Kadepa

Opini, (KM)
-Persoalan perlindungan hak hak asasi manusia (HAM) di negeri ini sampai sekarang kurang relatif masih memprihatikan.

Banyak faktor yang menyumbang dalam realitas tersebut. Beberapa di antaranya adalah kurang responsifnya Negara dalam melindungi HAM perilaku elit politik yang selalu cenderung dan mengedepankan kepentingan egois atau kelompok sehingga melemahnya HAM, mengabaikan hak rakyat salah satunya fenomena kronologis seputar masalah pelanggaran di papua .

dalam hal ini seperti kasus di  Kab. Paniai yang terjadi penembakan pada tgl 8 Desember 2014 terhadap Anak sekolah, Mahasiswa, masyarakat sipil  yang tidak dipersoalkan hingga saat  ini.

Namun negara ini belum terungkap kronologis  paniai berdarah yang jelas di mata publik.

Harapan besar semoga melalui Investigasi turunnya KOMNAS HAM yang di bentuk panitia kecil komisi penyelidik pelanggaran(KPP) yang berfungsi melaksanakan pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan dan mediasi ham ini ,sebenarnya sudah berlangsung sejak 2 bulan yang lalu .

masyarakat pada umumnya  merinduhkan ketegasan dari  Negara ini untuk bersikap tegas dan  harus perspektif dengan gagasan Nilai ham yang berlaku di negaraa ini

Penulis adalah wartawan media Kabar Mapegaa online, kuliah di Manokwari Papua.



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Lemahnya Penghormatan Terhadap Nilai Nilai Norma Ham