BREAKING NEWS
Search

Mama Sumber Ekonomi ,Dalam Kontek Kehidupan Suku Mee Papua

(Mama-mama Suku Mee Sumber Ekonoomi.Foto:Ham Kadepa/KM)

(KM)/Cerpen---Dalam tradisi suku mee jelas terdapat pembagian tugas antara laki laki dan perempuan, secara rutin .

mama  mempunyai aktivitas rutin yang selalu berhubungan dengan makanan sehari hari bagi keluargaanya pada esok hari, tetapi sampai di kebun mereka akan berfikir tentang lahan lahan jangka panjang untuka sumber ekonomi baik untuk makanan  minggu atau bulanan yang  akan datang.

Mama selalu  berfikir pada malam hari nya persiapan  untuk pergi ke kebun dan pada pagi hari esok. ia akan berangkat kekebun mencari ubi, keladi dan sayuran, untuk  persiapan makan pada malam hari dengan keluarganya .

Mama menunjukan bahwa kebun merupakan sumber hidup, sumber ekonomi karena itulah mama akan menunjukan dirinya sebagai sumber ekonomi keluarga.


Dalam ungkapan harian mama biasanya  mengungkapkan dengan kata -kata yang berbunyi sebagai berikut; “Ani bugipa uwine, nota keubauwineka; arti makna "Nota". Dalam bahasa Mee  tidak hanya berarti mencari  ubi tetapi juga untuk mengali  ubi dan memetik sayur  di kebun .(Ham Kadep/002/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Mama Sumber Ekonomi ,Dalam Kontek Kehidupan Suku Mee Papua