BREAKING NEWS
Search

Papua Butuh Kerja Sama Dalam Pembangunan Swadaya Masyarakat

Yustus Muyapa, Pakai Baju Putih Kiri) Albertus Muyapa (Tengah) dan Yoseb Bunai Baju Koas Mereh (Kanan). (Foto : Dok Prib/KM)
Oleh : Yosep Bunai

Pembangunan swadaya masyarakat adalah gerakan dalam masyarakat untuk mengupayakan kemungkinan pengembangan potensi atau sumber daya dalam masyarakat setempat. Gerakan ini bertujuan membangun kekuatan sosial ekonomi masyarakat berdasarkan kemampuan serta sumber daya setempat yang tersedia (PSE KWI Hal116).

Masyarakat Papua terlihat dari kenyataan hidupnya bahwa mereka mampu mengembangkan hidupnya secara mandiri dalam kerja sama dengan semua pihak. Dalam gerakan pembangunan swadaya masyarakat unsur perbantuan sangatlah penting, mengingat proses pembangunan swadaya masyarakat adalah suatu proses edukatif yang berkelanjutan.

Dalam kenyataan hidupnya kita bisa melihatnya bahwa gerakan atau upaya pembangunan masyarakat di luar jalur pembangunan yang diprakarsai pemerintah adalah LPSM dan LSM. LPSM adalah Lembaga Pengembang Swadaya Masyarakat, sedangkan LSM adalah Lembaga Swadaya Masyarakat. Kedua lembaga ini bukanlah untuk menyaingi pemerintah, namun untuk ikut  serta dan melengkapai program pembangunan pemerintah.

Dengan demikian gerakan tersebut bukanlah pada kepentingan perseorangan yang dengan tujuan pertentangan dengan pihak-pihak lain. Namun, gerakan semacam itu, bermula dari kemauan praktis seorang pribadi atau kelompok untuk menggerakkan usaha serta kegiatan yang bertalian dengan peduli kemanusiaan. Lembaga-lembaga semacam ini janganlah menjadi tempat berbisnis namum nyatakan harapan yang dimiliki oleh kelompok yang mengusahakannya demi pengembangan potensi yang sudah dimiliki oleh masyarakat setempat.

Pentinya pemerintah dan lembaga kerja sama untuk meberdayakan masyarakat. Program pembangunan masyarakat yang dijalangkan oleh pemerintah perluh juga untuk  bekerja sama dengan lembaga setempat yang ada.bukanlah hannya berjalan masing-masing dengan tujuan yang masing-masing juga.

Penulis: Yoseph Bunai Mahasiswa (S1) Sekolah TInggi Filasafat Teologi (STFT) ”Fajar Timur” Jayapura-Papua



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Papua Butuh Kerja Sama Dalam Pembangunan Swadaya Masyarakat