BREAKING NEWS
Search

Makna Kayu Salib Bagi Kita

Tuhan Yesus Disalibkan di Bukit Golgota.
Oleh: Frans Yube Pigai

Selama masa Prapaskah hampir di Gereja-gereja di dunia, umat mengadakan dan merayakan doa jalan salib pada setiap dari jumat. Hendaknya devosi ini jangan hanya jadi ritualisme. Untuk itu renungkanlah salib dan maknanya bagi kita. Maka, pada tepat hari jumat agung merupakan hari raya Jalan Salib, yang dimana Tuhan Yesus disalibkan dibukit tengkorak yaitu Golgota. 

Visualisasi jalan salib, akan terpancar kayu salib di bukit tengkorak yang di sebut Golgota. Kayu salib melambangkan bukti cinta kasih Tuhan Yesus kepada seluruh umat manusia, karena dosa manusia. 

Arti lambang dari kayu salib, melambangkan bahwa: a) Kayu tegak melambangkan cinta kasih dan sikap takwa kepada Allah, dan b) Kayu melintang melambangkan cinta kasih serta amal bakti kepada sesama. 

Maka, marilah kita mohon berkat Allah agar kita bisa merasakan salib dalam kehidupan sehari-hari kita dan dengan demikian semakin menyerupai Kristus, khususnya dalam ketaatan dengan rendah hati, cinta kasih sayang terhadap sesama manusia, kesucian hati, kemurnian hari, dan pula dalam hal-hal yang bisa menyelamatkan diri pribadi seseorang, untuk mengikuti ajaran-ajaran Tuhan Yesus.

Namun, Tuhan Yesus wafat di kayu salib, dengan sengsara dan hina, untuk menebus dan menyucikan segala dosa umat manusia di dunia yang fana ini atau di dunia yang penuh dengan sengsara dan penuh kegelapan dengan hal-hal duniawi. Dia lahir seorang anak yang di kandung oleh seorang ibu yang bernama Maria. 

Sebab, kayu salib yang penuh dengan penghinaan dan kesengsaraan, akan memberi makna keselamatan ketika umat manusia mencium salib Tuhan Yesus. Namun, terpancarlah cinta kasih Yesus kepada manusia dan memberi keselamatan bagi umat manusia di dunia ini. Keselamat yang diberikan Tuhan Yesus kepada manusia menjadi kekuatan dan penyelamatan diri seseorang.

Oleh sebab itu, hidup manusia akan terpancar dan diwarnai dengan keselamatn bagi seseorang ketika mengikuti perayaan penciuman salib Yesus, karena akhirnya Tuhan Yesus di siksa dan di hina dengan segala tindakan, tetapi Yesus memberikan keselamatan kepada manusia karena cinta kasih yang sungguh luar biasa dalam hidup manusia.

Salam Hari Raya Paskah

Penulis di Media Online Kabar Mapegaa (KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Makna Kayu Salib Bagi Kita