BREAKING NEWS
Search

Persahabatan Yang Sejati



Foto,anak-anak Smatira Jurusan IPA Timika Papua.Ansel Gobai/KM.

Oleh : Anton Gobai

Sejak dulu aku baru masuk ke SMA YPPK TIGA RAJA disingkat (SMATIRA)Timika Papua,saat-saat itu Aku tak bisa berbicara kerena belum menguasai bahasa indonesia.

Dua bulan berlalu,namun Aku belum menemukan sahabat sejati buat hidupku karena Aku sendiri orangnya pemalu.malu bukan karena tidak tahu atau takut sama teman-teman atau guru-guru Smatira tetapi malu karena takut salah ungkapkan kata kata bahasa indonesia.

Saat itu juga secara Fisik dan mental Aku rasa sudah siap, hal ini bukan karena menyombongkan diri tetapi kenyataan yakni saat Aku masih SMP di kota tua Kokonao sudah mendidik dan melati fisik mental Aku oleh  pendidik imam yakni pastor Dodot dan pastor Adii purnama serta  biarawan biarawati.

Empat bulan berlalu,namun Aku belum mendapatkan sahabat juga buat Aku untuk belajar dan bersama sama.saat-saat itu bukan tidak ada teman-teman tetapi banyak namun Aku sendiri susah untuk mendekatkannya.

Enam bulan kemudian Aku berkomitmen untuk  janji dan keinginan besar untuk memberanikan diri untuk berbicara didepan orang banyak,dan Aku yakin pasti bisa seperti teman-teman yang lain.

Saat itu Aku mencoba memberanikan diri menjawab pertanyaan dari Ibu Aku dan setelah jawab teman-teman kelas Aku  tertawa,dalam benak pikiran muncul suatu pertanyaan bahwa apakah jawaban Aku salah atau sesuatu yang aneh buat diri Aku,ternyata kenapa dan mengapa teman-teman Aku tertawa sebab apa yang Aku jawab bahasa indonesianya kurang dari yang sempurna.

Dari situ Aku malu memang wajah teman –teman kelas maupun Ibu guru hingga pulang kerumah.

Beberapa hari berlalu  tertawa dari teman-teman atas kesalahan ungkapan itu Aku terangkat lebih berusaha lagi mempelajar bahasa yang lebih baik hingga pertanyaan yang bapak ibu berikan Aku berusaha untuk menjawab sesuai kemampuan Aku hingga semakin hari semakin berani dan sedikit demi sedikit memahami bahasa indonesia itu seperti apa. 

Menjalan tujuh  bulan,karena  keberanian tersebut dari situ Aku di rebut oleh teman-teman kelas Aku yakin,Agnes, Angel,Anton,ilhian,dina,elltyn,indar,lirin,cindy,stella,rehty,mhade,jellow,zeth,okta bella,fifi,rivei rian ,dan monika.

Nama –nama diatas inilah sahabat Aku di SMA YPPK TIGA RAJA  Timika Papua.Semakin hari semakin akrab mengenal jati diri kami masing-masing hingga setiap pagi dan sore selalu sapa diantara satu dengan yang lain.kami selalu menghargai satu sama lain dan melengkapi kelemahan dan kekurangan teman hingga kami ada ini.

Kami alami sama sama suka dan duka maupun pahit manisnya masa masa SMA dimana mengerjakan tugas maupun kegiatan kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah maupun di luar sekolah,kami jalani bersama-sama.

Sampai saat ini sudah kelas tiga kemarin kami ujian sama-sama hingga tinggsl dengar hasil dan sedikit lagi mau berpisah.

Saat kami masih kelas satu dua dan tiga ini,kami menentukan nama kelas kami atau nama grub kami yakni FUSSY (fantastic unique study seriously) IPA terjalin karena punya minat dan“betapa senang kalau punya sahabat sejati”

Kawan-kawan aku sangat bangga sama kalian semua karena aku mengangap kawan-kawan sebagai keluarga atau Bapak ibu Aku karena saat aku susah dan sedih kalian yang selalu menemani aku dengan berbagai kata kata motivasi serta doa doanya.
Semoga harapan kedepan kami boleh ingat satu sama lain sehingga persahabatan sejati kami bisa terbawah kemanapun kami berada.

Kawan-kawan tolong ingat masa masa kami bersama di Smatira dan hal- hal yang kami dapat dan kami terimah sangat bermanfaat untuk menginjak ke perguruan tinggi.

Aku mewakili teman-teman Smatira kami mengucap terimahkasih buat Bapak Ibu guru yang selalu setia membimbing dan mendidik kami hingga dewasa ini.kami tidak memberikan apapun buat Bapak Ibu guru namun hanya sebuah  kata ucapan terimah kasih semoga Tuhan membalas semua kebaikan-kebaikan dari Bapak Ibu sekalian.

Dan akhir kata,mohon maaf yang sebesar-besarnya buat Bapak Ibu guru,atas menyakitkan hati dengan tingka laku yang kurang memuaskan buat hati Bapak Ibu guru,semoga semangat mengabdimu menjadi berkat dalam hidup kedepan,Tuhan yesus bersama Kita.(KM)

Siswa pelajar yang sedang sekolah di SMA YPPK Tiga Raja Timika.



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Persahabatan Yang Sejati