BREAKING NEWS
Search

Harold Gobai : Sembilang Tahun SMK Yamewa Kab. Paniai Berdiri, Bangkit Melawan Lahan yang Diam

Ketua Yayasan SMK Yamewa, Harold Gobai. (Foto : Dok. Prib/KM)

Paniai, (KM) --- Salah satu pendiri dan Ketua Yayasan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yamewa Kabupaten Paniai, Harold Gobai mengatakan dibangunnya SMK yamewa yang kini sudah sembilang tahun itu, tujuan untuk malawan lahan yang diam dan Sumber daya Alam yang masih tertidur.

“melihat dengan sumber daya alam yang begitu bagus, yang dikelilingin oleh danau yang  begitu indah, kebun yang banyak, lahan-lahan yang sudah digarap. Tetapi, masih belum dilakukan kearah pengemabangan yang mewujudkan pelajar yang berusaha kearah bisnis atau pengusaha,”kata pendiri SMK yamewa, Harold Gobai, kepada www.kabarmapegaa.com, Rabu, (15/05) tadi sore. 

Menurutnya, memang garapan secara manual atau secara tradisioanl ada dan telah dilakukan oleh masyarakat. Baik itu perkebun, berternak, bagaimana cara menangkap ikan, menanam sayur dan  ubi-ubian. Tetapi itu saja tidak cukup, perlu ada pemikiran kearah  pengembangan. Berarti perlu ada wadah yang baik,”katanya.

“akhirnya saya bergumul sejak tahun 1997 sampai 2007.  Setelah itu, saya bentuk system dalam bentuk yayasan,”katanya.

Kata dia, dengan bentuk yayasan, pastinya akan muncul banyak pertanyaan, seperti kapankah lahan SDA yang sudah ada, bisa digarap kembali, sejak tertidur lahan masyarakat, perlu ada orang yang berpikir untuk menggarap dan mengelolah hal demikian itu,”katanya. 

“saya bergumul sejak tahun 1997. Karena pihaknya mengaku berbuat sesuatu yang berat tidak gampang kalau seorang diri. Apalagi swasta,”katanya. 

Sebelumnya, didirikan SMK itu, kata dia, hidup ini untuk makan, dan makan untuk hidup, siapa saja yang bekerja baru bisa makan,”katanya. 

“Akhirnya saya buka sekolah, atas dasar itu, yang harus bagaimana mengajak untuk makan dan bisa hidup. bukan berpikir untuk saya menjadi bos dan pejabat. Akhinrya, perlu dibuka sekolah kejuruan. Sehingga ada orang yang berjiwa bisnis. Bagaimana mengolah hasil kekayaan yang ada,"tandasnya.

Ia mengaku lagi, bahwa Kejuran yang dibuka, tanpa ada sponsor dari luar. Apa yang ada pada saya saya korbankan semua kepada SDM Mee,”pintahnya. 

Terkait, Guru yang sementara ini masih bekerja sebanyak, 26 orang guru, pegawai negeri 12, selain itu honor.

Jurusan yang ada di SMK yamewa, sebanyak tiga jurusan, yakni agri bisnis peraiaran, perkebunan dan peternakan,”tandanya. 

Harapan, saya ada berpikir, besok bulan juni punya sekolah sendiri dan akan diresmikan pada bulan itu juga. “SMK menjadi salah satu komunitas masyarakat. Dan sementara kami masih tunggu SK dari Pemerintah Kab. Paniai,”harapnya.(Alexander Gobai, Yudas Nawipa, dan Stepanus Gobai/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Harold Gobai : Sembilang Tahun SMK Yamewa Kab. Paniai Berdiri, Bangkit Melawan Lahan yang Diam