BREAKING NEWS
Search

KNPB Desak Pemerintah Segera Buka Ruang Demokrasi dan Bebaskan Jurnalis Asing di Papua

KNPB Gelar Aksi Demo Damai Mendukng ULMWP Masuk ke MSG di Kantor DPRP, Jayapura. (Foto : Yustus Muyapa/KM)
Jayapura, (KM)—Dalam menggelarnya aksi demo damai medukung ULMWP masuk ke MSG dibawah garis komado Komite Nasional Papua Barat (KNPB), kamis (21/05), belum lama ini, di Kantor DPRP, komite Nasional Papua barat mendesak pemerinta segera membuka ruang demokrasi yang seadil-adilnya dan bebaskan jurnalis asing masing di Papua.

“desakan keras ini, kami merasa bahwa kami rakyat yang selalu dibungkam dengan sikap tidak memanusiwi. Padahal, pemerintah sudah mengajarkan tindakan demokrasi yang adil, tetapi dilapangan tidak ada,”kata, Komite Nasional Papua Barat, Romario Yatipa terhadap Masa Aksi, Kemanan dan DPRP.

Menurutnya, helen Nasional adalah kepanjangan tanah yang memunyai ras tersendiri dimana dibentuk oleh penduduk pemerintah kerajaan Nigerlans Nigunia pada 5 April 1961. Nethderland Nigunie dihidupkan kembali oleh bangsa west papua, pada 5 April 2012 di West Papua,”jelasnya.

 “maka Media Nasional bangsa Papua adalah komite nasional papua barat, siapapun dia tidak memiliki hak untuk di bubarkan, salah satunya saat aksi,”pungkasnya.

Akhinrya, dari orasinya, Komite Parlament Papua barat yang mewakli dari oraganisasi tersebut, menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada pihak lembaga Legislatif, (DPRP), agar juga mendukung dan mendorong ULMWP untuk mendaftarkan bangsa Papua ke dalam MSG, sebagai bagian dari Aspirasi Rakyat Bangsa Papua,”tutunya.

Pantauan www.kabarmapegaa.com, Aksi itu, dimulia pada pukul : 09.15 WPB, dari batas-batas titik kumpul yang sudah ditentukan baik dari perumas tiga Waena, Expo hingga beberapa titik lainnya, kemudian menuju di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) secara serantak.

Dalam mendukung ULMWP agar Papua masuk ke dalam MSG, masa aksi, digoncangkan dengan hujan deras dari awal aksi hingga berakhir.  (Yustus Muyapa dan 001/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “KNPB Desak Pemerintah Segera Buka Ruang Demokrasi dan Bebaskan Jurnalis Asing di Papua