BREAKING NEWS
Search

PMKRI Cabang Jayapura Gelar Seminar “Peluang Tantangan dan Peran Pemuda Papua dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”

Ketua PP PMKRI Se-Indonesia, Lidya Natalia Sortono Membuka Kegiatan Seminar Secara Resmi di Aula Susteran Maranata, Perumnas 1, Waena, Jayapura, Papua. (Foto : Alexander Gobai/KM)
Jayapura, (KM)---Pehimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Jayapura menggelar seminar sehari  yang berthemakan “Peluang Tantangan dan Peran Pemuda Papua dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”.

Kegiatan itu dibukakan secara resmi oleh Pimpinan Ketua PP PMKRI Se-Indonesia, Lidya Natalia Sartono M, Si,.M,pd, Jumat, (29/05) di Aula Susteran Maranata, Perumnas 1, Waena, Jayapura, Papua.

Kata dia, tantangan MEA untuk Rakyat Papua dan pada umumnya Rakyat Indonesia adalah tantangan yang begitu besar untuk bangsa Indonesia. Tantangn itu, merupakan era globlisasi yang diharuskan Rakyat belajar bagaimana cara berekonomi yang sehat, agar  bisa melawan tantangan itu dengan bijak,”katanya.

“suka atau tidak suka mau atau tidak mau, kita harus  menghadapi situasi seperti itu. Bagaimana diharuskan untuk membahas cara berekonomi yang sehat antarkita sebagai generasi bangsa,”pungkasnya.

Melihat dengan kondisi sekarang , kata dia, akan banyak pengaruh ekonomi yang justru mengkhawatirkan manusia untuk fokus pada tantangan globalisasi. Maka, kita harus mengupas tantangan itu dengan melakukan seminar ini,”jelasnya.

“karena dengan melakukan seminar ini, akan kita tahu bagaimana pengaruh MEA itu masuk di Negara Asean dan bagaimana kita menerima tantangan itu dengan sehat. kita harus mengupas tantangan itu melalui seminar,”katanya.

Sementara, Presedium PMKRI Cabang Jayapura, Simon P. Bame dalam sambutannya mengatakan Tantangan MEA di Negara Asean adalah salah ancaman bagi bangsa Indonesia, lebih khsusus untuk Rakyat Papua. Yang diharuskan untuk mengetahui bagaimana cara melawan tantangan itu dengan sehat,”katanya.

“dengan diadakan seminar ini, merupakan salah satu bentuk rasa untuk mengulas masalah MEA di Negara Asen yang menjadi tantangan bagi rakyat bangsa dan itu harus dilawannya dalam kondisi yang sehat,”pungkasnya.

Ini saatnya, ia mengajak kepada seluruh peserta dan para tamu undangan yang hadir agar berpikir yang jernih untuk mengetahui tantangan MEA ini secara  sehat,”ajaknya.(Alexander Gobai/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “PMKRI Cabang Jayapura Gelar Seminar “Peluang Tantangan dan Peran Pemuda Papua dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”