(Kementerian luar negeri Sub divisi politik dan Keamanan.Kemenlu.go.id/KM) |
Jakarta
/Opini (KM) Di
antara isu-isu yang sangat diperdebatkan di tahun ini Melanesian Spearhead
Group (MSG) Summit Pemimpin '- untuk mengambil tempat di Honiara pada 24 Juni dan pada 26-
adalah hari persetujuan mungkin bagi keanggotaan Gerakan
Serikat Pembebasan Papua Barat (ULMWP) di MSG.
Melengkapi masuk keanggotaan ini adalah gagasan bahwa kelompok gerakan separatis Papua akan mendapatkan lebih maksimal untuk tujuan mereka. Pada kutub yang berlawanan, aplikasi banyak pandangan Indonesia untuk menjadi anggota asosiasi dari MSG hanya sebagai upaya menggagalkan .
Pada kenyataannya, kedua aplikasi untuk keanggotaan berdiri kesempatan yang signifikan ditolak melalui persetujuan perpecahan oleh lima anggota MSG.
Sehubungan dengan aplikasi ULMWP, mayoritas anggota MSG tidak menganggap itu sebuah organisasi yang memenuhi syarat menjadi sebuah kelompok payung inklusif yang mewakili suara yang solid dan kolektif Melanesia di Indonesia - tidak hanya di provinsi Papua dan Papua Barat di Indonesia tetapi juga mereka di Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur.
Sementara dukungan terus-menerus Vanuatu dan Front de Liberation Nationale Kanak et Socialiste (FLNKS) 's untuk menentukan nasib sendiri dari kelompok Melanesia akan berdiri di jalan konsensus pada aplikasi keanggotaan Indonesia.
Terlepas dari hasil ke aplikasi ini, mengakui gerakan separatis di provinsi Papua di Indonesia tidak agenda utama MSG - lebih jadi ketika mayoritas kuat dari anggota MSG telah jelas sepakat untuk menghormati Indonesia yang kedaulatan dan integritas wilayah dalam pernyataan bersama dari 2014.
Bahwa Indonesia belum melakukan negosiasi intensif dengan Vanuatu dan FLNKS menunjukkan sifat sekunder isu keanggotaan tersebut ke Jakarta.
Meningkatkan pembangunan ekonomi adalah prioritas utama MSG, dan usaha Indonesia ke Kepulauan Negara Pasifik (PICs) harus bertujuan menjadi bagian aktif dari upaya pembangunan ini. Enam dari 15 pertemuan MSG yang didedikasikan untuk isu-isu ekonomi membuktikan prioritas ini.
Dengan PICs, terutama Fiji, semakin menemukan kegiatan lobi terkait dengan akses istimewa ke Australia dan pasar Selandia Baru yang tidak berkelanjutan, PICs telah, dalam beberapa tahun terakhir, telah meningkat kegiatan perdagangan yang signifikan dengan China, dan - pada tingkat lebih rendah - dengan Malaysia dan Singapura . Sebagai imbalannya, Cina telah meningkat investasi langsung ke PICs.
Untuk Indonesia, lompatan ini dengan Cina adalah kerugian karena seharusnya Indonesia yang meningkat keterlibatan ekonomi dengan PICs dan telah aktif terlibat dalam transformasi ekonomi di PICs.
Indonesia, bagaimanapun, bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan ekonomi China di PICs. Perusahaan maritim Indonesia dan Cina bisa berbagi beban menempatkan di tempat infrastruktur maritim yang diperlukan yang akan memfasilitasi kegiatan perdagangan meningkat.
Keterlibatan Cina diproyeksikan dalam mengembangkan infrastruktur maritim dalam kepulauan Indonesia berfungsi sebagai titik awal untuk usaha bersama ini. Di tengah rencana untuk menghubungkan pulau-pulau Indonesia bagian barat dan timur dengan rute laut dan pelabuhan, di sana ada kesempatan untuk menghubungkan fasilitas logistik maritim ini ke arah timur ke Papua Nugini (PNG), Fiji dan Kepulauan Solomon.
Ketiga anggota MSG adalah PICs yang memiliki populasi terbesar dan daya beli yang berkelanjutan untuk mengkonsumsi produk ekspor Indonesia dan komoditas. Dengan demikian, terlibat dalam derajat yang lebih tinggi dari kegiatan perdagangan dengan mereka berpotensi menghasilkan keuntungan finansial.
Selain itu, sejak 2011, penetrasi ekspor dari Indonesia ke semua PICs secara signifikan lebih tinggi di PNG, Fiji dan Kepulauan Solomon - mencapai total nilai US $ 201.700.000 pada tahun 2014 saja. Terlepas dari mencoba untuk mengurangi biaya logistik, Indonesia juga harus membantu tiga PICs dalam meningkatkan daya saing ekonomi mereka.
Indonesia bisa meniru pengalaman masa lalu dalam mengembangkan berkelanjutan kecil hingga menengah untuk menambah nilai lebih untuk produk yang berasal dari komoditas primer, merangsang inovasi produk kreatif dan dapat diperdagangkan dan upaya dukungan PICs 'untuk diversifikasi jauh dari barang primer diproses, yang membentuk Mayoritas ekspor PICs.
Sektor swasta Indonesia - khususnya di industri perkebunan, pabrik, konstruksi dan pengolahan makanan - harus mencari cara untuk memperluas operasi mereka di tiga PICs. Demikian juga, mereka juga harus berinvestasi dalam mengembangkan industri wisata PICs '.
Salah satu kendala umum untuk meningkatkan wisatawan yang masuk ke PICs adalah kurangnya jaringan yang nyaman untuk penerbangan terjadwal. Oleh karena itu, industri transportasi udara Indonesia harus meningkat keterlibatan dengan operator udara dan pemerintah dari tiga PICs untuk berkolaborasi dalam meningkatkan hubungan transportasi udara antara Indonesia dan tiga PICs.
Selain itu, perbankan Indonesia harus mulai untuk melihat ke dalam peluang dalam pembiayaan pengembangan bisnis - termasuk sektor maritim - dalam tiga PICs. Dengan peningkatan konektivitas serta perbaikan dalam proses produksi, ekspor dari PICs akhirnya akan menjadi kompetitif dan mencari pasar luar negeri tambahan
Mengingat kedekatan dan, pada saat itu, kemudahan akses ke pasar yang besar di Indonesia, termasuk 11 juta orang Indonesia dari etnis Melanesia (yang terbesar dalam satu negara di dunia), Indonesia bisa berfungsi sebagai mesin untuk perdagangan intra-Melanesia.
Selain itu, lebih dari 15 pelabuhan penumpang segera-to-be-dibangun dalam provinsi Melanesia di Indonesia bisa dikonfigurasi ulang untuk juga melayani pengiriman poin laut sebagai singkat untuk memenuhi perdagangan volume rendah antara Indonesia dan tiga PICs.
Dengan peningkatan fasilitas maritim, pelabuhan Indonesia bisa mengambil alih peran tujuan transshipment dimainkan oleh port Australia dan Selandia Baru untuk ekspor PICs pergi ke Asia Tenggara dan Asia Timur - dan sebaliknya.
Penulis adalah Kepala Sub-Divisi Politik, Sosial dan Keamanan terhubung dengan Organisasi Regional, Biro Menteri Luar Negeri dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Pandangan-pandangan yang sendiri.
Sumber:www.jakartapost.com
0 thoughts on “Peluang Ekonomi Di Negara-Negara Melanesia ”