BREAKING NEWS
Search

Pentingnya Berpuasa

Foto: Damianus Muyapa
Oleh Damianus Muyapa
OPINI—KM--Manusia selalu mengatakan mampu dan bertahan dalam tantangan untuk melakukan segala sesuatu dalam hidup, baik sesuatu yang kelihatan maupun tidak kelihatan, besar maupun kecil, dan ada pula manusia berkomitmen untuk bertahan dalam hidup untuk mengatasi masalah apa saja yang terjadi dalam hidup. Tetapi sebaliknya Semua masalah yang di hadapi oleh manusia tidak semua orang mampu mengatasi dan bertanggung jawab atas masalah yang terjadi dalam hidup tersebut, meskipun sebelumnya sudah berkomitmen dan tahu sumber masalah yang datang dari luar diri pribadi terhadap diri pribadi, keluarga, Masyarakat, Bangsa, dan Negara.

Manusia bisa berpuasa pribadi, dan kelompok, sesuai dengan keadaan dan keberadaan bagi manusia pada saat itu, yang penting berkomitmen dengan baik, puasa bukan paksaan dari orang lain atau puasa bukan juga ikut-ikutan dari orang lain, namun puasa harus berkomitmen dari diri pribadinya karena hasil dari puasa akan menikmati dan menuai diri sendiri dalam hidup.

Puasa berarti Pantang Makan dan Minum, mengambil kesempatan untuk  merenungkan dan memeriksa kembali apa saja yang sudah dilakukan sebelumnya mana yang baik dan buruknya, misalnya keluarkan kata-kata negatif melalui mulut kepada orang lain, marah, cemburu, mengecewakan orang lain, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Manusia boleh mengambil bagian untuk berpuasa agar Visi dan Misi hidupnya bisa tercapai dan terwujud.

Harapan-harapan Manusia bisa mencapai dengan baik harus melalui puasa karena Manusia bisa mendapat sesuatu yang baik, itu prosesnya agak lama dan banyak ujian dalam hidup terutama pada saat berpuasa dan sesuatu yang buruk itu prosesnya cepat dan manusia tidak susah namun mudah atau gampang mendapatkan  sesuatu yang dicari dengan menggunakan banyak cara manusiawi atau duniawi yang bisa menghancurkan diri sendiri, Keluarga, Bangsa, dan Negara ketika manusia berpuasa. Oleh karena itu, Manusia harus mengambil waktu untuk berpuasa karena puasa membawa manusia menjadi kuat, kokoh, teguh, taat, dan percaya diri dalam hidup.

Penulis adalah Staf  Dosen Politeknik Amamapare Timika              




TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Pentingnya Berpuasa