BREAKING NEWS
Search

Budaya Pembentuk Manusia



Foto dipingir Danau Paniai,Budaya dari Papua khusunya,Suku Mee Paniai,/KM

Oleh : Ansel Umagigobai

Opini (KM)-Menurut KBBI, Budaya berarti sebuah pemikiran, adat istiadat atau akal budi. Secara tata bahasa, arti dari kebudayaan diturunkan dari kata budaya dimana cenderung menunjuk kepada cara berpikir manusia.

Ada juga beberapa pendapat ahli mengenai ,salah satunya ”Menurut Linton”, Budaya merupakan keseluruhan dari sikap & pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan dan dimilik oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

Oleh karena itu,dunia sangat luas,manusia semakin berkembang,maka budayapun semakin berkembang sesuai daerahnya masing-masing.

Kata budaya satu,manusia satu,tetapi dengan gaya hidup,pola pikir,bahasa sehari-hari,serta  daerah yang beda pula menghasilkan hasil yang berbeda pula.

Budaya bukan mempermaikan diri manusia,melainkan mengarahkan diri untuk menuju jalan yang benar,jika manusia mempermaikan budaya maka budaya juga mempermainkan diri manusia. 

Budaya mendarah dagin dengan manusia yang setempat berdasarkan turun temurun dari leluhur setempat  sehingga melalui budaya manusia dibentuk pola pikiran dan gaya dari budaya itu sendiri.

Tetapi,jika empat orang budaya yang sama pergi ke daerah yang berbeda beda .beberapa tahun kemudian bertemu kembali ke tempat semula,maka hasilnya sangat berbeda jauh,mengapa karena  sudah meresap dan mempelajari gaya hidup daerah orang lain sehingga   tadinya budaya yang sama akan menghasilkan gaya dan pola bahasa yang berbeda.

Siapapun yang melupakan budayanya sendiri lalu mempelajari budaya orang lain maka budaya menuntu hidup selanjutnya.Budaya  berkata, kemanakan engkau pergi ?? kapanpun engkau ada ?? aku selalu bersama untuk melindungi dan mengarahkan hidup,jika  sebesar berapa engkau melupakan ?? sebesar berapa engkau melawan ??   aku akan melupakan dan membiarkan engkau masuk ke jurang yang aku tak terdugakan.Mengapa bisa terjadi,karena engkau bukan anak,engkau tidak mendengarkan perkataan serta engkau meninggalkan aku tanpa seizin dariku. 

Maka akhir kata,budayakan diri dengan budaya daerah masing-masing agar diri manusia  membentuk dari budaya itu sendiri (KM).


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Budaya Pembentuk Manusia