BREAKING NEWS
Search

Pentingnya Ilmu Dalam Hidup

Foto: Damianus Muyapa
 Oleh : Damianus Muyapa
Opini, (KM)--  Manusia selalu mengatakan ilmu sangat penting dalam hidup. Ilmu  adalah satu-satunya sarana untuk menghidupkan manusia.  Dengan  ilmu yang di miliki seseorang dapat menciptakan creatif, inovatif, dan proaktif dalam hidup. Tanpa Ilmu tidak bisa mempertahankan hidup dan membawakan perubahan yang baru dalam hidup. Dan juga bisa berada  di jalan yang gelap, tidak tahu arah hidupnya.

Demikian Pula, Ilmu dapat menghidupkan bagi manusia. Ini berarti dengan ilmu bisa menganalisa mana yang baik dan yang tidak baik, mana yang terpenting dan yang tidak penting, dan juga dengan Ilmu bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhannya dari  ilmu yang di milikinya, salah satunya adalah seorang guru dapat mengajar di sekolah pada setiap hari. Kemudian mendapatkan pengalaman mengajar dan mendapatkan gaji, ini berarti dapat menghidupkannya. Oleh karena itu, ilmu dalam hidup menurut  pandangan seseorang banyak ilmu. Tetapi menurut pandangan penulis bahwa ada tiga ilmu secara terstruktur:

1.      Ilmu Sikap (Ilmu Rohani)
Ilmu sikap adalah  sesuatu hal yang dapat di lakukan oleh seseorang secara baik kepada diri sendiri maupun sama orang lain yang ada di sekitarnya. Ilmu sikap ini ada yang diabaikan dalam hidup , hanya mengutamakan ilmu pengetahuan dan ilmu kemampuan saja, pada hal ilmu sikap (Ilmu Rohani) yang terpenting  di bandingkan dengan Ilmu-ilmu yang lainnya, karena ilmu sikap yang bisa mendapatkan ketenangan dan juga moralitas yang pertama dan utama dalam hidup pada jaman sekarang ini.

2.      Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan adalah segala macam pengalaman-pengalaman yang di lakukan oleh manusia pada setiap saat dalam segala aspek. Pengalaman-pengalaman yang sudah  dimiliki dapat di praktekan dalam hidup, salah satunya adalah menulis naskah budaya di jadikan buku kemudian di terbitkan dan di perjualkan di toko buku. Buku Ilmu pengetahuan Alam,  Buku Ilmu pengetahuan Sosial, Buku Ilmu pengetahuan Budaya, Buku Ilmu pengetahuan politik, dan ilmu pengetahuan yang lainnya. Semua Ilmu pengetahuan dapat mendukung dalam sisi kesenangan atau penghiburan bagi manusia dalam hidup.

3.      Ilmu Kemampuan
Ilmu kemampuan adalah  sesuatu kegiatan yang dapat di lakukan oleh manusia dengan menggunakan tenaga atau energi manusia. Ilmu ini berkaitan dengan  fisik manusia. Salah satunya adalah seorang laki-laki mengangkat besi yang sangat berat sekali, tetapi fisiknya kuat, maka besi yang berat itu bisa di angkat tanpa bantuan dari orang lain. Ini berarti memiliki ilmu kemampuan karena dia tahu teknik mengakat besi yang berat itu.

      Dengan demikian, ilmu sangat penting dalam hidup, tetapi kebanyakan orang pada jaman sekarang masih belum memiliki ilmu-ilmu dan yang sudah di miliki ilmu tidak di aplikasikan secara terstruktur yaitu Ilmu sikap (Ilmu Rohani), ilmu pengetahuan, dan Ilmu kemampuan, sehingga harus mempersiapkan ilmu secara terstruktur  dari sekarang, karena tantangan hidup ke depan ada di tangan kita sendiri.
   
 Penulis adalah staf Dosen Stie Amor Timika



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Pentingnya Ilmu Dalam Hidup