BREAKING NEWS
Search

Ribuan Rakyat Papua Gelar Demo Damai Dihalaman BEM Uncen

Massa Aksi KNPB usai demoonstrasi di halama Sekertariat BEM Uncen Jayapuara 
(Foto: Dok KNPB)

Jayapura, (KM)—Rabu, (13/16) lebih dari 5 ribu massa rakyat papua  menggelar demonstrasi damai  didepan halaman sekertariat BEM Uncen di Jayapura. Mereka mendukung ULMWP masuk anggota tetap di MSG.

Demonstrasi dipimpin Komite Nasional Papua Barat (KNPB) bersama 6 organisasi sipil di Papua itu membentangkan spanduk raksasa berukuran 200 meter, pada spanduk itu bertulis, “ ULMWP For MSG”. Aksi damai ini dijaga ketat 5 ribu pasukan TNI/polri bersenjata lengkap.

Ketua KNPB Victor Yeimo mengatakan,demonstrasi itu digelar untuk satu tujuan yakni, ULMWP masuk anggota tetap di MSG.”Tuntutan kami hanya  satu refrendum untuk Papua,” kata victor dalam orasinya.

Kata dia, pihaknya berikrar melalui wakil resmi perjuangan bangsa Papua, yakni United Liberation Movement for West Papua(ULMWP) untuk menjadi anggota penuh di dalam organisasi sub regional, yakni Melanesian Spearhead Group (MSG). Ucap usai demonstrasi.

Yeimo menegaskan, pihaknya menyampaikan kepada seluruh dunia bahwa saat ini rakyat Papua sangat membutuhkan kekuatan yang dapat mendampingi suara rakyat West Papua untuk menuntut hak penentuan nasib sendiri melalui referendum yang jujur, adil, demokratis, damai dan final.

“Sebab, telah jelas dan terbukti bahwa Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) tahun 1969 adalah suatu rekayasa. Di mana orang Papua tidak diberi hak politik untuk menentukan status politiknya,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta dukungan solidaritas dunia untuk mendukung seruan kampanye referendum yang akan dimulai pertemuan Internasional Parliamentrians for West Papua (IPWP) di London, 3 Mei 2016 nanti.

“Kami menolak upaya sabotase oleh Pemerintah Republik Indonesia terhadap misi pencari fakta pelanggaran HAM di Papua oleh negara-negera Pasific Island Forum (PIF). Kami mendesak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo agar membuka akses bagi misi pencari fakta pelanggaran HAM di Papua,” ungkapnya.

(Yunus E Gobai/KM)





nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Ribuan Rakyat Papua Gelar Demo Damai Dihalaman BEM Uncen