BREAKING NEWS
Search

Terminal Dan Pasar Akan Dipindahkan Pasar Tradisional Baru Di Ekemanida.

Situasi Pasar Baru dan terminal Baru di Kabupaten Dogiyai-Papua
Foto: Yan Yuaiyo Goo/KM


Dogiyai (KM)--Kepala Dinas Perhubungan,Yusak Tagi,S.Sos,menyatakan kami akan memindahkan terminal baru di kampung ekemanida,sebelumnya apalagi lahan terminal saat ini tak mampu menampung mobil angkutan umum antar kabupaten dianataranya kabupaten Nabire,Kabupaten Deiyai,Kabupaten Paniai dan juga tukang ojek orang asli Papua dan tukang ojek non papua pemda Dogiyai akan tempatkan pangkalan. (26/16).

Ia mengatakan pemindahan itu dilakukan karena terminal yang sudah tidak layak menjadi terminal antar kabupaten apalagi terminal saat ini  tidak layak parkir di jalan terminal lama karena jalan raya trans Nabire,Dogiyai,Deiyai dan Paniai, terminal baru ini bisa menampung roda empat maupun roda dua,”ucapnya.

Kata dia,angkutan umum antar distrik maupun antar di pedesaan  kabupaten Dogiyai  akan ditetapkan roda dua seperti sepada motor,” kata Yusak Tagi.

Sementara  itu, Kadis pringdakop Kabupaten  Dogiyai, Andrias Gobai,S.Sos,MA, dalam beberapa kali sosialisasi terkait perpindahan terminal itu  dengan para pedagang Pasar orang  asli  Dogiyai dan pedangan orang pendatang di Moanemani dan sekitarnya belum lama ini kepada media ini.

Dikatakan, perpindahan terminal dan pasar di Kampung Epomani akan divasilitasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Dogiya melalui Dinas Peringdakoop dan Dinas Perhubungan serta pihak keamanan,"bebernya

"untuk itu, Pemerintah Dogiyai meminta para pedang orang asli maupun pendatang harus menghargai keputusan dan  kebijakan yang diambil dari pemda Dogiyai,"jelasnya.

kata dia, Pasar  tradisional yang ada ini dinilai sudah tidak memenuhi syarat lagi sebagai tempat kegiatan transaksi jual beli antarwarga, menurut rencana akan dipindahkan ke lokasi yang lebih representatif,"tandasnya

"Jadi,Dinas pringdakop  Dogiyai  masih terus berupaya mengadakan sosialisasi terhadap pedagang yang ada di pasar  Moanemani terkait perpindahan lokasi baru Terminal  dan Pasar baru ,”kata  kepala Dinas Perindagkop Dogiyai  itu.

Ia mengatakan, Jangan samapai terjadi hal-hal yang memprovokasi sehinggga dapat mengadalkan upaya pemda dogiyai dalam penataan pasar baru di Ekemanida,termasuk juga perpindahaan terminal moanemani dalam upaya mendukung perpindahan pasar dengan harapan semua pihak pedang orang asli papua,pedangang non  papua,”ungkap,Andrias Gobay,S.Sos,MA.

Hal yang senada juga diungkapkan pihak TNI Penghubung,Yonatan Bunai,S.Th,Dandim,Polres dan Satpol-PP akan bekerja sama secara ekstra dalam menjaga ketertiban,keamanan,kenyamanan serta lalu lintas di lingkungan terminal dan Pasar baru  serta lingkungan pemerintahan kabupaten Dogiyai.

Anton Mote Warga Ekemani di Dogiyai menyatakan, pemerintahan Kabupaten Dogiyai segera fasilitas untuk pembangunan jalan masuk di lokasi terminal dan Pasar baru untuk diaspalkan supaya masyarakat bisa mengunjungi dengan baik.

Kata dia, kami  masyarakat  menilai pemda Dogiyai sudah berfikir bagus untuk memindah tempat  yang baru untuk berdagang masyarakat di Dogiyai,"ucapnya


Wartawan KM: Yan Yuaiyo Goo


Editor: Yunus E Gobai




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Terminal Dan Pasar Akan Dipindahkan Pasar Tradisional Baru Di Ekemanida.