BREAKING NEWS
Search

Dunia Beruba tetaplah pada Nilai Budaya




Budaya Suku Mee "Koteka" Papua (Foto, Lomba budaya pentas seni dari Kota  Surabaya)

Opini,Kabarmapegaa.com--Biarpun dunia berubah, diri tetap berpengan teguh pada nilai-nilai budaya. Orang hidup dan mampu menghasilkan karena salah satunya adalah kekuatan budaya. Diri selalu mengasah dengan nilai nilai budaya, Jangan jauh dari nilai agama karena nilai budaya dan agama adalah satu kesatuan. Kuat dalam agama dan budaya maka dunia akan mengenal identitas dan namamu di  mazmurkan.

Saya sebagai anak adat, Saya bermulai hidup dan melangkah dari budaya. Dimana saya berada disitu nilai budaya selalu ada. Zaman maju banyak budaya membuat diri lupa akan budaya, namun saya pikir budaya orang lain dipelajari dan budaya saya tetap melekat pada diri saya.

Saya hidup diatas budaya, yaitu Koteka dan Moge. Dua kata ini sebagai pakaian adat saya. Nilai dan larangan budaya masing banyak, tetapi  di pelajari sampai mendarah daging hingga jadi jati diri. Biarpun dunia dan manusia berubah secara otomatis tetapi nilai budaya adalah tetap itu dan itulah diri saya.

Wahai generas mudah mudi jangan lupa nilai budaya, junjungkan budaya sebagai suatu kekuatan dalan diri. Budaya yang membuat kami kuat karena budaya mempunyai kekuatan yang luar biasa. Jangan mudah menyerah dan sekali kali melupakan, jangan pula membanding bandingkan budaya diantara anda dan budaya suku lain.  Bila melupakan budaya dunia memakan sekejap waktu. Kemana arah dan tujuan hidup tidak jelas, karena budaya yang mampu membuka pikiran dan hati ke jalan yang benar.

Jangan tingalkan nilai budaya, jangan tingalkan nilai agama sebab kedua  ini adalah kekuatan hidup manusia. Saat hidup menderita atau mengalami suatu bencana bila kalah dalam kedua hal ini maka  selamat tinggal dunia Good bye.

Belajar budaya harus memantapkan budaya lokal kemudian melanjutkan pada nasiaol lalu internasiolan. Semua budaya harus belajar sehingga kemanapun melangkah atau di tanya oleh siapun, mampu was was dan sebagai pengangan ilmu pengetahuan bagi dirinya.

Sekali lagi jangan lupa nilai budaya karena budaya memberikan banyak bermanfaat yakni:
1.       Budaya Memberikan kekuatan
2.      Budaya Memberikan semangat
3.      Budaya Memberikan jati diri yang sesungguhnya
4.      Budaya Memberikan pengetahuan akan hidup
5.      Budaya Memberikan yang baik dan melupakan yang tidak baik
6.      Budaya sama dengan agama

Siappun dia bila kuat dalam nilai budaya, dunia akan mengagumkan atas jati diri karena dengan budaya manusia mampu mengubah dan lain dari pada yang lain.

Akhir kata, jangan takut, jangan lupa budaya, jangan lupa nilai regius, kuatkan dan hadapi dunia ini dengan kedua nilai ini semoga bermanfaat. (A G /KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Dunia Beruba tetaplah pada Nilai Budaya