BREAKING NEWS
Search

Herman Sumanti: Orang Lama Menjaga PMKRI Cab. Manado St. Thomas Aquinas

Foto: Dok, Prib Bayke F/KM
Oleh: Bayke Fanataf 

CERPEN, KABARMAPEGAA. COM – HERMAN SUMANTI "Beliau adalah seorang senior yang paling lama tinggal di Margasatwa PMKRI Cabang Manado St. Thomas Aquinas dari dulu ia masih muda sampai saat sekarang ini.

Kata seorang senior bahwa, Beliau tinggal di Marga siswa ini hanya dengan satu tujuan yakni hanya ingin menunggu kedatangan seorang Pastor yang pernah pulang ke Jerman karena sakit, Pastor yang pernah berjanji bahwa dia akan balik apabila dia sudah sembuh dari kesakitannya, tetapi apa boleh buat Pastor itu pulang untuk selama-lamanya ke rumah bapak yang di surga (meninggal dunia di Jerman).

Pastor yang bernama pastor MARX, pastor MARX adalah seorang pastor yang berketurunan Jerman. Beliau adalah pemilik rumah Margasatwa PMKRI Cabang Manado St. Thomas Aquinas yang kita kenal sekarang ini.

Karena menunggu kedatangan Pastor yang belum pernah balik-balik, pada akhirnya paman jatuh pikiran, stres dan sekarang paman jadi sedikit gangguan pikiran. Sekian itu hanya sebatas gambaran cerita mengenai siapa sih sebenarnya diri paman.

Foto; Wajah Bapak Herman Sumanti

Saya sering dengan paman.

Lalu saya sengaja tanya kepada paman “Paman, ketika paman masih muda itu kelihatnnya pasti paman gantengkah? 

“Kamu ini bercanda saja” jawabnya dengan senyum.

Wah kenapa? Paman cari istri lain sudah? Tanya saya.

“Nanti saja” jawabnya.

“Wah kenapa nanti lagi paman, semestinya paman harus punya istri toh”? jawab saya dengan serius.

Kisah yang sangat menginspirasi bahwa hidup paman yang sangat memotivasi bagi setiap insan manusia di sekitarnya. Kasihan soalnya paman sudah tua, lalu hidup juga hanya sendiri-sendiri begini terus paman tidak bosankah? Paman: hidup ini biasa-biasa saja tua atau muda tidak ada bedanya. 

“Iya tetapi semestinya paman harus berusaha toh? Soalnya paman sudah tua begini kapan lagi baru punya istri”? tegasnya.

Siapa tahu besok paman meninggal terlebih dahulu? 

“Hidup ini biasa-biasa saja. Umur belum pernah memandang usia” jawabnya.

Saya terpaksa mengalah dan diam ternyata benar juga apa kata paman, umur belum pernah memandang usia. Umur yang di maksud sini adalah umur panjang ataukah umur pendek akan di tentukan oleh setiap manusia itu seniri. (FP/KM)

*) Penulis adalah Mahasiswa UNSRAT Manado


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Herman Sumanti: Orang Lama Menjaga PMKRI Cab. Manado St. Thomas Aquinas