BREAKING NEWS
Search

Kota Sorong Masih Memiliki Segudang Masalah Kebersihan Sungai

Foto; Dok, Kunjungan bagi Forum Pecinta Sunga, Kejora Y/KM
Oleh: Emiliano Kejora Yumte

OPINI, KABARMAPEGAA.COM – Sebagai salah satu kota besar di Provinsi Papua Barat, Kota Sorong masih memiliki segudang masalah yang terjadi di dalamnya. Salah satunya adalah masalah kebersihan sungai.

Keadaan sungai di Kota Sorong saat ini bisa dibilang cukup memprihatinkan, sehingga atas dasar itulah terbentuk suatu gerakan kepedulian masyarakat yang tergabung dalam Forum Pecinta Sungai, yang mana forum ini merupakan suatu gerakan untuk mengkampanyekan betapa pentingnya menjaga kebersihan sungai secara bersama-sama.

Forum Pecinta Sungai sendiri berdiri sejak Oktober 2015 dan telah ada di beberapa kab/kota di Provinsi Papua Barat, Kab. Sorong, Kota Sorong, Kab. Manokwari, Kab. Maybrat, dan Kab. Sorong Selatan. Dalam kesempatan kali ini Forum Pecinta Sungai bersama dengan tokoh masyarakat , tokoh pemuda, dan sejumlah tokoh aktivis lainnya.

di Kota Sorong melaksanakan suatu kegiatan pembersihan sungai dan pemasangan baliho yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan sungai yang ada di Kota Sorong.

Ones Kambu (Ketua FPS Papua Barat) mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengkampanyekan kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya menjaga kebersihan sungai. Di sisi lain kegiatan ini juga untuk menunjukkan kepada pemerintah bahwa pemerintah seharusnya lebih peduli terhadap lingkungan di sekitar terutama masalah kebersihan sungai.

Kemudian segera memfasilitasi tempat sampah agar warga juga memiliki tempat pembuangan sampah dan tidak membuang sampah di sungai.

Permasalahan Sampah di Kota Sorong sebenarnya telah diatur dalam Perda sejak 4 tahun lalu namun kurangnya sosialisasi dari pemerintah.

Menyebabkan tingkat kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya sangat rendah terbukti dengan masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah di wilayah Sungai sehingga mencemari lingkungan dan menyebabkan banjir. (Frans P/KM)

*) Penulis adalah anak muda Papua, Tinggal di Sorong



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Kota Sorong Masih Memiliki Segudang Masalah Kebersihan Sungai