BREAKING NEWS
Search

Sekilas Sejarah Terbentuk Nama Kampung Susumuk

Foto; dok, Nama Kampung Susumuk, Emiliano Y/KM
Oleh: Emiliano Kejora Yumte

CERPEN, KABARMAPEGAA.COM – Generasi muda di Kab. Maybrat masa kini perlu penting berdiskusi dan berbagi bersama orang - orang tua tentang sejarah di kampungnya masing-masing karena sejarah itu sangatlah penting. 

Orang tua juga haru dan wajib menceritakan dan mencintai sejarah masa lalu kepada anak-anak mereka supaya anak mereka bisa mengetahui nya dan akan menceritakan kepada generasi masa kini dan masa akan datang karena sejarah perlu di kenang

Setelah duduk berdiskusi dengan salah satu tokoh pemekaran kampung susumu maka Bapak Noh Atanay menceritakan tentang sejarah nama Kampung Susumuk itu adalah : 

Dulu kampung ini dihiduppi oleh salah seorang yang berasal dari Belanda dan dengan masyarakat di sana mereka melakukan penebangan dan pembabatan hutan di lokasi sekarang, Kampung Susumuk. Tiba harinya malam maka seluruh masyarakat dan orang Belanda ini kembali ke Beskem begini mereka taruh air panas dan orang Belanda menyuruh bapak satu bahwa, ambil susu dan muk. 

Lalu bapak ini bingung dan orang Belanda ini mengambil dan menunjukkan kepada bapak itu bahwa, ini susu dan ini muk maka di panjangkan Susumuk maka masyarakat memakai itu sebagai nama kampong, hingga sekarang ini dan itulah sejarah nama Kampung Susumuk. (Muyepimo/KM)

*) Penulis adalah anak muda Papua, Tinggal di Papua


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “ Sekilas Sejarah Terbentuk Nama Kampung Susumuk