BREAKING NEWS
Search

Novel : Maafkan

ilustrasi doc; Maafkanlah

Di tulisan ini telah saya sisip penjelasan, arti  hidup sebagai persaudaraan dan akhirnya menjadi arti cinta sejati. Kata motivasi begitu bermanfaat, disaat gagal dan tumpur usaha kerja sehingga diri dilanda gelisah, sifat berubah menjadi malas dan malu,minder, miskin, dan penyesalan, kesempitan dalam cobaan, dan kita harus tau bahwa kata yang super bijak dan super motivasi adalah kata super bijak minta “maaf”.

Kata “maaf” berawal dari sebuah perbuatan hidup manusia, baik yang di lakukan secara fisik maupun tutur kata yang diungkapkan seseorang terhadap situasi pada saat itu, secara sengaja maupun tak sengaja.

“Maafkan aku saudaraku. Aku tak bermaksud membuatmu dalam masalah”. Tanya saya.
“Tak apa. Itu bukan salahmu”. Jawab Tesi.

Dia memang seperti itu. Aku mengerti perasaannya. Aku pun melakukan hal yang sama, jika kau adalah kekasihku. 

Kenapa kakak tidak punya kekasih? Tanya Tesi
“Entalah” Jawab saya.

Aku kenal seorang gadis yang baik.

 “Kakak mau aku mengenalkannya kepadamu”? Tanya Tesi dengan serius.
Sebenarnya, seorang yang aku sukai” Jawab saya.

Tapi tampaknya dia tidak tertarik padaku. Dia sudah punya seorang kekasih. Dan mereka cukup lama bersama. 

Menurutmu apa yang harus ku lakukan? Tanya saya.
Tentang apa? Jawab Tesi dengan senyum.
Apa menurutmu aku harus menyatakan perasaanku padanya? Atau hanya memendamnya sendiri? Tanya saya.
Menurutmu apa yang akan kau lakukan? Tanya saya dengan perasaan sedih.
“Sama hal juda sahabatku”. Jawab Tesi.
                               
                                                         ***

“Apa yang kau dan Ibuku bicarakan tadi”? Tanya Tesi, perasaan.
“Kenapa kau, penasaran”? Tanya saya.
“Tidak juga” Jawab Tesi.
“Aku mengatakan padanya tentang rencanaku” Tanya saya.
“Rencana apa”? Jawab Tesi, terkejut hati.

Aku katakana padanya kalau aku akan membawa serta dirimu saat aku berangkat ke tanah rantauan, Surabaya ketika aku kuliah disana.

Apa yang kau katakan..? Tanya Tesi.
“Kau akan sangat sibuk. Nanti kau harus cuti kuliah dan kita akan mencari sekolah baru untukmu”. Kata saya.
“Kakak. Aku berterima kasih atas apa yang kau lakukan. Aku tak akan pernah melupakannya.tapi aku tak ingin kau berpikir bahwa hal itu akan mengubah hubungan kita. Maaf, aku harus pergi”. Jawab Tesi, muka marah.
“Aku tahu kau sangat menyukainya”. Kata saya.

Tapi, tidakkah seharusnya kau juga memberiku kesempatan kepadaku? Kau masih ingat atau tidak, ketika pertama kali aku bertemu denganmu di dekat gunung Deiyai tepatnya di Iyaa Dimii, ketika itu aku menuju ke bagian Kamuu lembah hijau, di kampung Muyekebo, Dogiyai-Papua.

Namun, pada kesempatan ini, aku datang di hadapanmu karena aku harus mengatakan hal perasaan cinta padamu. Aku tak takut jika ketahuan oleh Merry. Aku tak peduli jika dia mangajarku sampai mati. Aku tak ingin menyembunyikan perasaanku lagi. Jika orang yang bertanya padaku, siapa orang yang paling aku cintai, dengan pasti aku akan menjawab, bahwa wanita yang paling kucuntai adalah kau, Tesi.

Maka, solusi kata “maaf” dari percakapan mengenai persaudaraan atau sahabat dan akhirnya menjadi cinta sejati adalah tetap syukur dan tambahkan iman serta menerima diri sendiri, jika bicara masalah kata ini berarti berbicara tentang cinta, hati dan jiwa agar tetap di sayangi dan mencintai apa yang tersisa, agar tiada lagi kata menyerah dalam menjalani hidup, kata ini sanggup memanajemen diri kita, kebanyakan kata ini diambil dari kata super bijak “maaf”, dan di jelaskan keberbagai ungkapan bahasa mengenai tingkah laku secara fisik dan tutur kata.

Obati sakit hati akibat putus asa karena gagal bukanlah kegagalan itu, tetapi berusahalah agar mencapai pada tujuan tertentu dengan menerapkan tindakan atau tutur kata yang tetap dan kena pada sasarannya dalam kondisi tersebut. Jangan menyiksa diri sendiri dengan memikirkan komentar negatif dari orang lain, tetapi ungkapkanlah kata maaf terhadap situasi yang terjadi pada saat itu pula, agar keinginan akan tercapai pada titik tempuhnya yaitu mencintai seseorang yang disayangi.

Sekilas Percakapan Masalah Cinta.
Tanah Rantauan. Sabtu, 10 Mei 2015.
Oleh: Frans Y. Pigai


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Novel : Maafkan