BREAKING NEWS
Search

Selamatkan Budaya Berarti Selamatkan Budaya Keturunan


Foto Istimewa Musa Pekei



Oleh :MusaPetitay Pekei

Budaya adalah salah salah satu warisan yang turun-temurun dari tete nenek moyang. Dimana manusia itu lahir di dalam bentuk terikat erat oleh budayanya, yang adil dan dapat menyesuaikan diri dengan komunitas masyarakat setempat.
Dengan demikian, orang papua mesti melestarikan budaya yang ada di masing- masing suku di tanah papua. Dan perlu mengembangkan potensi budaya yang dimiliki oleh seseorang  dengan memanipulasi sejarah (mitos) dari rakyat demi membangkitkan semangat generasi penerus papua kedepannya.
 Dengan adanya budaya di setiap suku-suku di papua, maka dapat di analisis sebagai budaya yang pokok dan perlu adanya support (dukungan) dari seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah provinsi melalui sevice ke daerah–daerah atau  masing–masing suku  yang ada sekalian masuk mengkaji serta pola hidup manusia di daerah tersebut. Mungkin  Dengan adanya  rencana ini, dengan sendirinya akan meranjak suatu lembaga yang berperan langsung dalam budaya serta pola hidup (ekologi) tujuannya ialah untuk mengangkat harkat dan martabat budaya yang selama ini masih belum di perhatikan oleh  berbagai pihak baik dari pemeritah indonesia dll.
 
Dalam konteks ini, saya menekan  kepada seluruh masyarakat  bahwa jangan perna mengejek-e jek budaya yang telah memperagakan oleh  suku dalam suatu acara/pertunjukka, kemudian anda melihat ada yang lucu dan sangat lucu, karena jikalau anda melihat, berarti anda memisakan hal yang melucukan itu, bila anda membawah dan meenceritakan hal tersebut kepada yang lain, maka anda akan dapat kutukan roh leluhur yang terikat dalam budaya. Karena orang membawa budaya  bukan sekedar simbol, ilustrasi yang ditatapkan, namun membawah harkat dan martabat dari setiap masing-masing suku.
Untuk lebih meningkatkan perang orang muda dalam penguasaan buaya harus ada pendamping (orang propesional dalam masing–masing suku), untuk mempertahankan warisan budaya kedepannya atau bisa meminta pertolongan guna memberikan arahan (petunjuk) kepada orang yang lebih tua, dan  yang lebih mengetahui tentang budaya yang ada di setiap kampung/dusung pedalaman.
Harapan kami bahwa  pemerintah provinsi, juga berpartisipasi  dalam hal perkembangan kebudayaan  di papua, demi menigkatkan satu ikatan keluarga yang harmonis dan perlu adanya promosi kebudayaan serta objek wisata  yang memiliki nilai natularis  keindahan alam  serta segala hubungan manusia dan segala tumbuh-tumbuhan yang mempunyai nilai keramat.
Oleh karenanya, kesimpulannya bahwa dengan mendalami budaya berarti kita telah memiliki dasar hidup dan mudah meenyesuaikan perkembangan yang sedang maju ini. Dan kita juga bisa dihargai dari budaya luar, dengan demikian  perlu adanya rasa menghormati dan saling menghargai terhadap dan kejayaan yang dikemukakan oleh seseorang maupun oleh maisng–masing suku  majukan masyarakat yang  adil dan penuh damai di tanah surga kedua ini.

Penulis :(Pelajar SMK Tunas Bangsa Timika, Papua) 



TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Selamatkan Budaya Berarti Selamatkan Budaya Keturunan