BREAKING NEWS
Search

MIRAS dan NARKOBA: Membunuh Kalangan Remaja Papua



Foto Istimewa Manfred Kudiai

Oleh : Manfred Freddy Kudiai

Sewaktu saya dilahirkan dan dibesarkan oleh kedua orang tua. saya selalu diberikan minuman dan makanan yang baik, guna bagi tubuh dan jasmani saya, agar  tumbuh kembang menjadi anak yang berwibawa. Dengan harapan, agar  menggantikan dan melanjutkan, warisan dan keturunan dari orang tua saya. Kini, saya telah besar,  melewati pase-pase hingga menjadi anak Remaja yang bisa mengatur diri sendiri dalam perubahan teknologi di masa modern ini.
Dengan perubahan zaman yang sedang berlangsung ini, membuat saya jatuh dalam pengaruh- pengaruh baik buruk. Dalam hal ini, pengaruh ada dua bagian yakni pengaruh internal dan eksternal. Melihat pengaruh internal yakni  ada sekian banyak anak papua yang masih terjamin oleh alam yang begitu manja. Kepada mereka yang tidak ada kemauan untuk sekolah. Dari sisi lain mengalami keterbatasan biaya sekolah. Akibat dari itu, lari kepada keramaian dan berpengaruh pada sifat kriminal. Salah satu contohnya ialah melakukan Miras dan Narkoba. Sedangkan dari faktor eksternal ialah kebanyakan remaja papua, tidak sadar dengan pengontrolan diri, yakni melakukan tindakan-tindakan yang bersifat kriminal dan pengaruh pola pikir pada slogan porna. Akibatnya, remaja papua jatuh pada hal tersebut.
Melihat kondisi yang selama ini beredar di tanah papua seperti hal diatas, maka jalan satu-satunya ialah menutup dan memberantas kasus tersebut, yang menjadi bagian dari jati diri bangsa papua. Dengan melakukan hal demikian, papua akan baik dimasa mendatang.
Dalam hal ini juga, Pemerintah Provinsi dan Daerah, segara dan harus mengambil tindakan positif sehingga menutup jalan pengedaran NARKOBA dan MIRAS yang selama ini beredar di Papua. Alangkah baik, bila pihak yang berwenang membuat UU yang isisnya membahas tentang menghindari NARKO dan MIRAS yang tersebar di tanah papua.
Sebagaimana yang saya ungkit di awal kalimat, saya dilahirkan dan dibesarkan oleh kedua orang tua dengan minuman dan makanan yang sehat, dengan harapan menjadi orang yang sukses. Namun, mengapa jalanku menghambat oleh karenah pengaruh eksternal dan internal. Apakah  salah karena saya terlibat dalam minuman yang beralkohol tinggi ataupun NARKOBA.  Saya sebagai anak adat papua berani mengatakan “saya tidak bersalah dengan hal tersebut, mengapa?  Karena Pemerintah Provinsi dan Daerah serta DPR yang mana dipilih dari masyarakat dengan tujuan mewakili seluruh masyarakt papua dalam penanganan masalah-masalah aktual yang terjadi di papua terlebih khusus pada Miras yang tersebar di kalangan Remaja Papua.
Dan saya juga sebagai Orang remaja Papua berani mengatakan Pemerintah Provinsi dan Daerah serta DPR, dengan segera membuat/melakukan kesepakatan (dialog terbuka antar pihak yang berwenang) agar segera menghindari MIRAS dan NARKOBA yang sampai saat ini tersebar dan sudah menjadi bagian jati diri bangsa papua ini. Jangan hanya melihat dan membiarkan kondisi ini terus-menerus menjadi jati diri bangsa papua. Akan tetapi, Pemerintah harus bertindak secara keras dalam pengambilan keputusan.
Bila tidak di tangani dengan secepatnya, maka generasi papua akan hancur dan juga, bila tidak ada penanggulanggan berlanjutan generasi papua akan rusak pula, mengapa?  Karena faktanya dimana, saya bersekolah  di Timika Papua, sekian banyak pelajar SMA/SMK bahkan siswa yang masih duduk di bangku study SMP dan SD telah berda pada kasus tesebut. Oleh karenya, Tugasnya siapa, dalam hal tersebut.

Penulis : (Siswa SMK 1 Kuala Kencana Timika)

`
`


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “MIRAS dan NARKOBA: Membunuh Kalangan Remaja Papua