BREAKING NEWS
Search

Fill My heart dan Rasa Terimaksihku untukmu IBU.



Oleh : Gobai Anselmus

ilustrasi : editin kabar Mapegaa,Ansel Bersama Ibunya.
Hari berganti hari Tidak terasa sudah mau masuk 1 tahun, ku lalui hidup di tanah rantauan yogyakarta, susah -senang kulalui, terasa berat hatiku saat waja bundah selalu nampak dikening ku saat-saat aku terasa lapar, namun apalah dayaku ,hanya tabah untuk menjalaninya.

Namun disamping itu aku pun teringat akan usaha dan kerja kerasnya dari bundaku di sana sehingga aku ada disini (tanah Rantaun) ,aku ingin berjumpah , aku ingin mambagi tawaku bersama keluargaku disana terlabih buat ibuku yang selalu tersnyum walaukan duka melanda.

Semuanya hanya mimpi belaka, padahal saya ingin sekali menyampaikan kata-kata/isi hatiku untuk ibuku yang masih membekas dalam Hatiku sampai saat ini, karena ketidaksabaran saya untuk mengungkapakan sehingga saya muat kata-kata tersebut dalam sebuah tulisan. Dengan berbunyi :

“ibu....
Kasih sayangmu selalu kau berikan padaku
kau banting tulang mu, kau peras keringatmu
namun kau selalu berusaha untuk tersenyum didepanku
Walau ku sering membuatmu marah
namun kau tetap tak pernah  berhenti untuk memberi semuan itu ,
kau pun tak pernah, sedikitpun  meminta balasan  dariku,

Ibu.....
ku tahu ,kau lakukan semua itu hanya untuk membuatku bahagia,
Kau cahaya hidupku, kau pelita yang selalu menyinariku di setiap langkahku.

Ibu.....
Maafkam aku, bila aku belum bisa membalas
semua kebaikan mu yang telah kau berikan untukku.
Tetapi aku berjanji aku kan selalu berusaha dan berdoa semanpuhku
untuk membahagiakan mu di masa tuamu nanti.
Agar  Ibu  selalu tersenyum.
walauun apa yang kuberi tidak sebesar apa yang telah kuterima selama ini
Thank you my mothers. 

Tetesan air mataku mulai jatuhan di bibirku saat ku menuliskan isi hati tersebut, sambil mengenang wajah bunda saya yang sudah mulai Tua, ku berbaring sebentar di tempat tidurku untuk menghilangkan rasa rindu kepada Ibuku, yang jauh. 

Namun tak semuda itu yang kuharapkan untuk menghilangkannya, seakan aku memdengar bisikan, kalau ibunda sedang menyapa saya dengan menyebut namaku Amoye dugiko nogeeme beu/Amoye makanan kamu sudah makan ka belum ” .!  Amoye adalah sebutan nama dari bahasa ibu saya, yang artinya “anak bungsu”.

Air mataku tiada henti-hentinya tambah mengalir lagi, sebab itu adalah sapaan ibuku waktu aku di kampung halam saat aku   lagi sedang lapar. Aku ingin memeluknya namun jarak menjadi suatu halangan, waktu menjadi suatu perhitungan ,rasa rinduku menjadi suatu beban yang ku harus tabah untuk menerimanya. Sebab Tuhan selalu mengawasihku setiap langkah hidupku.

Tak lama kemudian , ada suara yang berasal dari teras rumah dan suara itu pun saya mengenalinya,
“ an....an....ayoo kita jalan-jalan ke saudara dong di Aspan (asrama paniai),sambil menunggu saya diluar mengenakan motor kesayangan MIO SPORT.

Dia adalah sahabat saya sejak kami SD hinggah Saat ini, kedatangan dia membuat saya semangat dan seketika itu juga rasa rinduh saya menghilang, saat itu juga ia menghibur saya sehingga saya semangat untuk menjalani hidup dirantauan, sebab sahabtku selalu ada disisiku saat senang maupun susah.

Refleksi :
Kasih sayang seorang ibu terhadap anak tak akan bisa tergantikan oleh siapapun,Kasih sayang seorang  ibu, ia rela membawa beban berat di perutnya saat masih mengandung kemudian mempertaruhkan nyawa saat melahirkan. Ia rela terbangun dari tidur lelapnya hanya karena mengganti celana yang  basah karena kita pipis. Ia pun mau tidak tidur karena tangisan kita yang lapar lalu memberikan ASI-nya. Dan ketika kita sakit, ibu juga yang begadang hingga semalaman karena harus menunggui anaknya tanpa menghiraukan letih dan lelah.kasih sayang seorang ibu kepada anaknya, yang selalu tersenyum walaupun susa, sekalipun nyawanya dapat mengorbangkan demi  anak-anaknya.

“Ibu tak pernah cuti, tak ada lembur. Keberhasilan ibu adalah keberhasilan anak-anaknya, serta kesedihan anak-anaknya adalah kesedihan ibunya.( Mario Teguh).

Penulis adalah Mahasiswa Papua sedang kuliah di Yogyakarta.


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Fill My heart dan Rasa Terimaksihku untukmu IBU.