BREAKING NEWS
Search

Ilmu Pengetahuan Saja Tidak cukup, Perlu diseimbangi dengan Etika dan Moral.



Oleh : Gobai Anselmus
Ilustrasi : Anselmus Gobai.Mahasiswa papua yang sedang kuliah di kampus Institut Sains & Teknologi  Akprind  Yogyakarta, Jurusan Teknik Geologi

Kita sebagai pelajar, mari kita belajar berbagai macam ilmu yang ada, jangan terfokuskan pada bidang study jurusan yang kita miliki saja,  melaikan  belajar berbagai ilmu yang. Yang lebih penting untuk kita   adalah Bagaiman cara untuk belajar dan berusaha  untuk hal hal kecil dalam kehidup sehari hari seperti : saling menghargai,saling menyapa,menghormati  antar sesama, serta  sopan santu,etika, norma norma dan nilai nilai moral yang ada.

Sebab  zaman sekarang ini kita merasa bahwa,dengan kepintaran  ilmu pengetahuan yang kita miliki  saja sudah cukup, sehingga tidak mau berusaha dan belajar hal hal kecil, seperti,etika,sopan santun  serta  nilai nilai moral yang ada, sehingga dalam penerapan ilmu di lapangan tidak  jauh berbeda dengan orang orang yang tidak berpendidikan.

Padahal  sudah  menyelesaikan pendidikan  yang setinggi tinggi dilangit,tetapi karena kurang belajar dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari hari, seperti saling menghargai, menghormati, saling menyapa antara satu sama lain, serta etiak dan norma-norma yang ada ,maka dari pandangan masyarakat bahwa orang sersebut  tidak berpendidikan,padahal kita sudah memiliki ilmu pengetahuan yang begitu luas dari sisi kebidangnya ,Cuma karena  kita tidak mau belajar dan berusaha  hal hal kecil tersebut dalam kehdupan sehari hari. 

Dilapangan kerja bukan  dilihat kepintarnan dalam ilmu kebidangan yang kita miliki melainkan, yang paling penting dan utama yang di nilai oleh masyarakat adalah hal hal kecil yang kita merasa bahwa itu hal yang tidak bermanfaat buat kita,itulah yang di nilai oleh masyarakat.

Maka, pesan yang Penulis sampaikan buat kita semua adalah  kita sebagai putra putri pemimpin generasi Papua ,maka dari ilmu pengetahuan kebidangan,dengan ilmu ilmu yang lain serta hal hal kecil dalam kehidup sehari hari,menjadi bahan pelajaran untuk kita semua agar terbentuk karakter yang bersifat membangun dalam satu kesatu yang utuh untuk mempelajari  semuany. agar tidak terjadi beban/kekurangan dalam ilmu pengetahuan.dan juga setelah selesai dari pendidikan ini, tidak terjadi  problem problem di kalangan sekitar masyarakat,sehingga benar benar siap dan matan untuk memimpin daerah yang kitong dambakan.

Penulis Adalah :  Mahasiswa Papua yang sedang Kuliah kota study Yogyakarta.


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Ilmu Pengetahuan Saja Tidak cukup, Perlu diseimbangi dengan Etika dan Moral.