BREAKING NEWS
Search

Komunikasih yang Baik ,Menciptakan hubungan social yang baik Pulah.


Oleh : Yerry Kogopa.
Ilustrasi @http://adventura2.blogspot.com/2011/12/

“Ada bensin, ada air, ada semut ada gula,
dan ada manusia ada juga alam
.”
 KABAR MAPEGAA - Sebagaimana yang kita telah ketahu bahwa Komunikasi adalah penerimaan dan pemberitahuan dalam bentuk informasi kata kepda orang lain atau kelompok, atau kelompok dengan individu untuk saling memaklumi dan merespon pertimbangan sesama . 

Sebagaimana yang  telah dijelaskan diatas megenai pengertian komunikasi, maka dalam Hidup ita takkan terlepas dari hal itu, Dimana saja kita berapa dimana saja  kita pergi ,  kita selalu berhadapan dengan Proses beradaptasi baik dengan lingkungan hidup maupun orang-orang yang berda di sekitar kita sebelum beranjak pada tahap komunikasi, namun dalam proses beradaptasi pasti akan membutukan komunikasi yang efektif dan efisien untuk saling mengetahui dan memaklumi antara sesama atau antara si komunikator dan komunikan karena kita adalah Makluk Sosial .

Olehnya itu jika kita berkomunikasi tentunya akan mendatangkan berbagai bentuk efek baik efek negative maupun efek positive, Efek negative terjadi ketika komunikan dan komunikator salah tanggapan /presepi akhirnya terjadi suatu hambatan dalam komunikasih dan sebaliknya,efek positife terjadi juga ketika kedua belafiak saling memaklumi topic pembicaraan yang sedang dibicarakan bersama. 

Habatan atau konflik tidak hanya terjadi pada saat kita komunikasih secara langsung dengan orang tetapi juga bisa kita dengar komunikasih lewat orang lain baik lewat teman sahabat, pacar, adik dan orang yang kenal dengan kita misalnya  si fredi (bukan nama sebernya) ini dia begini si Ansel (bukan nama sebenarnya)  ini dia begitu akhirnya terjadi kecenderungan dalam berkomunikasih.

Namun tidak semua komunikasih yang kita keluar kan lewat mulut kita membuta orang menjadi senang pasti ada juga orang yang akan membuat merasa tidak enak di dengar isi hati anda tidak sama dengan isi hati dia seibarat dengan “ada bensin ada air” maka berhati-hati dalam berkomunikasih dengan orang lain. 

Hambatan selalu ada di depan, tidak mungkin hambatan datang dari belakang kami, maka perlu di definisikan bahwa melihat, merenungkan , kemudian ,melakukan (dou,gai,ekowai) adalah salah satu cara atau kunci utama yang perlu di  perhatikan terlebih dahulu sebelum topic pembicaraan dibicarakannya. Agar untuk tercapainya hubungan komunikasih yang baik maka cara yang lebih baik dalam komunikasih adalah kita perlu dahulu melihat atau mengamati apa si topic yang akan di bicarakan, kemudian kita merenungkan dengan cara bagimana saya akan di bicarakan, kemudian bertindak untuk berbicara.

karena komunikasih-Komunikasih yang optimal akan menciptakan intraksi social yang matan. Jika kita terlebih dahulu bertindak untuk melakukan sesuatu, tanpa di lalu untuk mengamati dan merenungkan apa si topic pembicaraan yang akan di lakukan itu, maka yang jelaskan di akhir-akhirnya akan menimbulkan hambatan konflik dalam berkomunikasih maka komunikasi efektif perlu dingkatkan di lingkungan hidup kita baik dilingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun masyrakat public.

sebab komunikasi adalah hal yang dasyat dlm bebagai informasi antara sesama.baik informasih secara langsung maupun tidak langsung . kesimpulan bawah (dou,gai ekowai) adalah salah satu hal yang baik dan kunci dasyat untuk mengurangi hambatan atau konflik dalam komunikasih yang efektive dan efisien. karena jika kita berdasarkan pada tiga poin ini maka komunikasih yang efektif dan efisien akan menciptakan dalam lingkungan kita. Semoga. (KM/Jerry.k) 

Editor : Kudiai Manfred



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Komunikasih yang Baik ,Menciptakan hubungan social yang baik Pulah.