BREAKING NEWS
Search

Mempunyai Banyak Teman ,Bebanku Pun Terasa Ringan.



Oleh : Gobai Anselmus
photo doc : Gobai Ansel@KM
Berdasarkan pengamatan saya , di kampus tercinta Institut Sains & Teknologi Akprind, selama kurang lebih 7 bulan saya aktif kuliah, andai saja, bilah saya tidak memilki teman-teman belajar, yang pastinya susah untuk beradaptasi dengan perkuliahan, dan banyak problem yang muncul dalam diri  saya. 

Hidup ini terasa berat bilah kita jalani begitu saja tanpa melibatkan orang lain yang berperang mengambil bagian dalam hidup kita, nah berangkat dari kalimat ini dan  Sesuai dengan pengamatan saya diatas, maka kita akan berhadapan dengan berbagai problem-problem, yakni kita akan merasakan  rasa terbebani untuk mengikuti kuliah, susah untuk mengerjakan tugas, susah untuk berkomnikasi antara sesama, perkuliahan tidak berjalan semaksimal mungkin sesuai dengan apa yang saya pikirkan. dan kita rasakan dan juga memori kita tidak berkembang dengan baik karena ditindis dan di bebani oleh masalah masalah tersebut. sehingga dapat mengakibatkan seseorang menjadi stress, dan tidak mampu untuk mengikuti perkuliahan, apalagi mata kuliah yang tidak disukai (pasti ada) dan tidak menyelesaikan perkuliah dengan secepat mungkin ,karena tidak mengunakan waktu dengan sebaik baik sehingga hari hari berlalu seperti sungai yang mengalir siang malam  yang tak terhenti hentikan. 

Berbicara masalah Kuliah berarti tidak terlepas juga untuk membahas jerih paya dan keringat orangtua. Karena  orang tua mengharapkan  kita  agar dapat dengan cepat Menyelesaikan kuliah kita dengan baik , dan kembali ke asalnya dan membangun daerahnya itulah cita-cita orangtua, untuk mewujudkan cita-cita anaknya orangtua bekerja keras untuk mencari uang buat perkuliahan anak siang malam selalu memikirkan anaknya tentang perkuliahnya, dan Doanya Selalu buat kita, kitalah yang paling Istimewa. 

Namun yang menjadi pertanyaan untuk kita Mahasiswa/i secara umun, apakah kita meluangkan waktu sebentar untuk mengingat keringat kedua orang tua kita di kampung halaman yang begitu susah paya bekerja keras buat kita untuk kuliah ? Ataukah kita membiarkan semuanya itu tanpa perbuatan ,(tiada waktu untuk mengingat Orang tua) ? ,apakah kita mempergunakan waktu kita , berfoya- foya dengan Uang yang Orang buat biaya perkulihaan serta uang Kos ?

Dosa kita semakin meningkat, dengan kebiasan kita, tidak mau berusah unutk belajar, susah untuk beradaptasi dengan lingkangan sekitarnya serta berkomunikasi  antara sesama  yang belum memenuhi standar, dan apalagi kita sangat sulit  membuka diri dengan dosen dan teman teman kampus sehingga kita sering merasa minder yang  mengakibatkan putus kuliah dan tidk mampu untuk berkuliah. 

Terapkan  keterbukaan antara sesama dan percaya diri adalah solusi yang tepat ,tunjukan bahwa kita juga BISAH ! jangan ada kata  menyerah sebelum melakukan sesuatu/kemampuan yang menurut kita dapat kita kerjakan, tunjukan kemampuan kita kepada saudara/I atau tetangga dengan mengutamakan rasa peka terhadap sesama, menghargai orang lain supaya, kita juga di hargai , jagalah jati diri kita yang sebenarnya dan jangan pernah menjadi orang yang pelit (menutupi diri),  jadilah orang yang tahu kasih, kepada sesama Kita, baik teman teman  maupun saudara/I ,maupun dikampus  agar hubungan sosialisai tetap terjaga dengan baik. 

Milikilah teman-teman dikampus maupun diluar kampus dan jadikan mereka sebagai tempat berbagi Ilmu. Dengan demikian saya yakin  perkuliahan kita nanti berjalan dengan baik sebagaimana yang kita harapkan dan kita cita citakan demi tanah papua yang kitong sayangi.semoga (Ansel Gobai/KM)

Penulis  adalah Mahasiswa Papua yang sedan kuliah di Yogyakarta.



TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Mempunyai Banyak Teman ,Bebanku Pun Terasa Ringan.