BREAKING NEWS
Search

Perluh Belajar Dari Nol, Bila Mendapatkan Kegagalan



Alexander Gobai/KM
Oleh : Alexander Gobai

Kadang kehidupan manusia, ingin memeroleh sesuatu hal yang besar dan yang lebih besar lagi. Melainkan yang hal kecil. Tetapi, proses untuk mewujudkan kesuksesan, paling tidak kita belajar dari hal yang terkecil, begitu toh… sobat.?  Belajar dari hal yang kecil, tentunya kita akan mendapatkan hal yang besar. Itu pasti dan pasti, bila torang serius..alee!

Maka, hal menyangkut-paut dengan kegagalan dalam sebuah kesempatan, itu adalah hal biasa bukan hal luar biasa. Dan pasti banyak orang, mengalami kegagalan, merasa kehilangan kesempatannya, dll.

Akhirnya, karena itu hal biasa, mereka akan lebih berusaha lagi, dari pengalaman yang sudah terjadi. Sehingga, sebuah proses itu, memberikan penerangan, agar dikesempatan kedua, mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.
Bila itu berjalan dengan bijak dan keseriusan pasti mendapatkan hasil yang hebat pula. Konteks ini mencerminkan kegagalan adalah keberhasilan yang kedua. Maka, kita diperkuat dengan sebuah komitmen yang kokoh. Hingga memeroleh hasil yang optimal.

Akibtanya, orang yang sudah terbiasa dengan kegegalan, ia akan merasa hal biasa, tetapi bila orang yang tidak pernah mendapatkan kegagagalan, itu adalah hal luar biasa, dan pasti ia langsung jatuh (down). Adoh sayang sekali, sobat…!
Padahala, kesempatan yang tertunda itu, kita lebih disadarkan untuk belajar kembali, pengalaman kegagalan yang sudah terjadi, melalui permenungan, berdoa dan bekerja keras lagi. Hingga, memperoleh kesempatan yang akan datang dikemudian.

Maka, kegagalan adalah perwujutan dari sebuah kesuksesan yang sementara waktu tertunda. Agar kita lebih fokus pada kehidupan ini. Ini artinya, kita masih diberi waktu untuk belajar dari nol (0). Melihat kembali titik letak kesalahannya, lalu mengapa sampai terjadi kegagalan dan bagaimana caranya harus diperbaiki. Inilah sebuah alasan yang muncul dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan dalam hidup.

Yang harus dijawab dalam permenungan yang sudah dijelaskan di atas. Sobat…! Ini sudah..torang harus belajar dari Nol….dan pastinya, torang akan mendaptkan hasil yang optimal.

Dengan belajar dari nol adalah harapan besar untuk mewujudkan sesuatu yang besar.Yang tadi sudah dijelaskan di paragrapf pertama dan kedua. Dan saa tini, bagaimana cara kita mendapatkan sesuatu yang tertunda tadi, hingga mendapatkan kesempatan yang kedua kalinya lagi.

Berharap dari itu, maka harus ada perjuangan yang lebih besar. Berkorban waktu dan tenaga untuk medapatkan kesempatan yang tertunda tadi. Maka, harus munculkan keyakinan berjiwa besar. Sehingga apa yang kita inginkan dapat terwujud dan terjawab.

Sobat, Ko dan sa, pasti bisa..medapatkan hal kesuksesan. Mereka bisa, kenapa torang tidak biasa, kalau bukan sekarang, kapan lagi, kalau bukan kita, siapa lagi. Ini saatnya mewujudkan nya.

Penulis Tinggal di Timika, Papua


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Perluh Belajar Dari Nol, Bila Mendapatkan Kegagalan