BREAKING NEWS
Search

Diskusi Warga; palang Jalan, Mogokkan Kendaraan, Bakar, Setiap Kantor Adalah Solusi Tepat Untuk Hentikan Perang


Perang di Kota Timika, Papua/Ilustrasi@

Timika, KABAR MAPEGAA—hari-hari terdengar kematian yang misterius. Baik dari pihak suku Dani/Damal maupun dari suku Mee, Moni dan Amungme.  Peperangan ini sudah cukup terjadi dan sampai saat ini, belum selesai dengan baik. Kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah, Lembaga-Lembaga Adat dan TNI/PORLI, juga tidak memuaskan kepada dua belah pihak. Akhirnya masalah terus-menerus berjalan sampai saat ini.

Sebenarnya masalah perang ini, bisa saja diselesaikan secara dialog damai. Tetapi dibalik permasalah peperangan ini, ada provokator-provokatot yang sedang bermain, hingga permasalahan ini terbuka lebar sampai membawa kematian yang tidak diinginkan dan tidak wajar.

Hal tersebut, banyak warga masyarakat mimika, setiap saat membuka diskusi mengenai terjadinya perang hingga pada terjadinya kematian sekaligus mencari solusi bagaimana bisa menyelesaikan peperagan ini. Apalagi, peperangan ini, pihak TNI/PORLI juga sudah terlibat dalam perang suku demikian.

Bila dissatu pihak mengalami korban, pastinya untuk membalas kematiannya  pihak aparat yang menaganinya dengan mengunakan alat Negara, yakni Pistol.

Pantauan www.mapegaa.blogspot.com setiap diskusi yang dibuka oleh warga mimika, mengenai perang ini, karena pihak TNI/PORLI sudah terlibat dalam pembungkaman kematian orang papua terlebih khusus kepada suku-suku yang ada di pegunungan tengah. “lebih baik mogokkkan jalan bakar kantor aparat keamana TNI/PORLI, kantor Bupati, DPRD dan SKPD-SKPD yang ada di kota timika, sehingga bisa dilihat dimana letak kesalahan dan melihat reaksi dari TNI/PORLI,”kata warga mimika dalam setiap diskusi yang dibuka, sabtu (03/05) pagi tadi.

Perang ini, aparat keamana sudah tidak bisa mengontrol dan menjalankan tugas dan fungsi dari pada tugas TNI/PORLI, tetapi yang dijalankan ialah mengahabiskan orang papua terlebih orang pegunungan  tengah. “Inilah target negera indonesia kepada orang papua,”tegas dalam setiap pendiskusian warga mimika.

“mogokkan jalan dan bakar setiap kantor yang ada di timika adalah harapan dan sebagai solusi yang tepat dalam memberhentikan konflik perang ini,”tambah dari setiap warga mimika. (AG/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Diskusi Warga; palang Jalan, Mogokkan Kendaraan, Bakar, Setiap Kantor Adalah Solusi Tepat Untuk Hentikan Perang