BREAKING NEWS
Search

KAPOLDA Papua, Tidak Pantas Berikan Nama Pegunungan Cartnez, Jadi Namanya


ILUSTRASI@

Oleh : Demianus Nawipa

Sekian tahun lamanya, nama Cartenz gunung bijih itu, tidak pernah seorang pun di negara ini menemukan. Trilyunan kandungan bijih berharga dalam rahim cartenz itu, tib-tiba kok ada temuan baru oleh Tito Karnavian (Polda Papua). Yang hanya naik, sebagai tamu melihat gunung yang penuh salju itu saja sudah dinobatkan sebagai penemu.

Seorang pelaut asal belanda Jean Cartenz sejak tahun 1623. Dia (Cartenz) menceritakan gunung ini ke belahan Eropa bahwa ada satu salju yg tumbuh di dataran New Guniea Papua. Semua dari negara-negara eropa tidak percaya kalau ada salju yang bisa berada pada daerah tropis. Maka, dengan ketertarikan dari seorang geologi asal belanda, Jacquese J. Dozy sehingga dia (Dozy) bersama Letnan Wissel melakukan perjalanan ke puncak cartenz itu. Di sanalah dia menemukan dendapan bijih tembaga yang sangat terkaya di dunia, tetapi sayangnya mereka tidak mempunyai alat-alat canggih untuk mengelolahnya, karena belanda sejak itu krisis. 

Mendengar hal itu, ada sebuah perusahan raksasa di dunia yang dimiliki oleh Bangsa Yahudi, yaitu Freeport Sulfur, mendengar data-data dari Dozy, maka Forber Wilson seorang Direktur Freeport Sulfur tertarik dengan keberadaan Gunung Cartens ini, disnilah penyebaran konflik kandungan berharga yang tersimpan dalam perut Rahim Bumi Papua. Dalam kandungan ini, maka Forber Wilson berangkat ke Papua melihat secara langsung dan heranlah Wilson, bahwa bukan hanya tembaga, tetapi ketebalan bijih emas 7 (tujuh) kali lipat ketinggian dari ketebalan itu.

Apa yg terjadi? Dari semua hasil bumi ini, mengundang perhatian dunia untuk bercita-cita merampas hasil bumi yang tersimpan di dalamnya. Melihat dari kondisi seperti ini, maka dapat kita ukur dan analisa dari berbagai segi konspirasi politik yang terjadi di Papua. Salah satu unsur politik yang terjadi ketika itu adalah, John F Kennedy dibunuh, G30/SPKI didirikan, PEPERA digagalkan dan Sukarno dibunuh. Itulah perjalann Cartenz Gunung Bijih Tembaga dan Emas di Bumi Papua yang menelang banyak korban. Setelah John F Kenedy dibunuh, Johnson, naik jadi Presiden Amerika karena dukungan kampanye politik oleh pengusaha Freeport Sulfur (Perusahaan Bangsa Yahudi itu). Selesai politik game itu berakhir, barulah Freeport masuk ke Papua.

Kalau Bapak (Mas) TitoKarnavian pake nama itu, barangkali dia senang melihat hingga terharu jadi, dia pasti mnyebutnya seperti ini, baru pertama kali saya menginjaki di gunung cartenz, tetapi kalau nama itu digantikan menjdi Gunung Mas Tito Karnavian, ini menambah luka dalam di lubuk hati orang Papua bahkan ambisi para penemu jajaran pegunungan Cartenz tersebut. Kalau Bapak (Mas) Tito Karnavian pernah ketemu sebuah gunung yang tidak pernah ditemukan siapapun berarti gelar itu pantas Mas Tito Karnavian dapat. Cartenz itu tidak boleh diubah namanya oleh siapapun orang Indonesia dan dunia.

Penulis : Demi Nawipa, Jr (Anak Kampung Dari Di bawah Kaki Gunung Cartenz Papua)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “KAPOLDA Papua, Tidak Pantas Berikan Nama Pegunungan Cartnez, Jadi Namanya