BREAKING NEWS
Search

PENGANGGURAN BUKAN TIDAK BISA MELAKUKAN APA-APA


Oleh : Oktav Koda Kadepa

 
Foto Doc/IST Koda /KM
Kita sebagai manusia kita selalu mistake bahwa ketika kita tak mengerti dalam hidup, kadang kelemahan kita slaluh jadikan senjata yang slaluh mematikan kita dan kita pun jatu dan menyerah dalam sesuatu yang kita kejar, pada hal itu adalah hanya pengujian bahwa , apaka kita bisa, mampu untuk melawan atau tidak..! kiranya kita musti banyak belajar agar kita pun bisa mengerti dan memahami apa konteks hidup yang sesunggunaya.

Nah , Dalam hal pengangguran juga demikian, Pengangguran bukan berarti tidak bisa melakukan apa-apa. Hanya belum mendapat kesempatan yang baik. Dan jangan berpendapat bahwa pengangguran tidak  bisa berbuat apa-apa sebab Keterlambatang hidup manusia bukanlah terlambat dalam segala hal dalam hidup melahinkan mengasah semua virus ketertinggalan yang mengalangi dalam proses langka hidup , yang mana menjeratkan kita dalam uban yang tak terluas dalam hidup kita ,maka perluhlah kita untuk memandang yang lebih jahu dan mengoreksi kembali  apa yang luramg daro kita, bukan berlari pergi dari kenyataan itu sebab walau kita pandang pun tak melihat dengan seutuhnya tetapi hanyalah nampak yang ada disekitarnya.

 Barangkali kita jatu bukanlah kita jatu selamanya dan bukanlah Tuhan tak pandang pada diri kita, namun Tuhan memberikan kesempatan untuk mengisi semua yang berkurang dalam diri kita, karena mata Tuhan bukanlah sebaya dengan mata manusia. Mata Tuhan adalah bagai di ibaratkan bulan, bintang dan matahari yang selaluh menyinari di waktu siang dan malam (Full time and never stop for us) dalam hidup kita, lagi pula mata Tuhan adalah apa yang ada pada diri kita walau dimana kita ber-ada tetap ada pada diri kita.

Kelemaan kita selaluh dapat menjadi kekuatan dan kekuatan kita pun dapat pula menjadi kelemaan dalam hidup kita sebab beribuh para intelektual slaluh berkata bahwa “ Dimana ada kekuatan disitu ada kelemahan dan dimana ada kelemaan disitu ada kekuatan  yang di konkritkan “Dimana ada gula, disitu ada kopi dan dimana ada kopi disitu ada gula”

Semuanya itu ada kaitan/keeratan yang tak bisa dan tak dapat dipisahkan dalam semua pergumulan hidup kita,  baik itu benda yang tak berjiwa maupun benda yang berjiwa, apalagi kita yang berjiwa social. Tak ada hidup yang tekap dalam hidup manusia, namun berombang dan ambing selaluh melekat dalam hidup selagi ada kehidupan dan pernafasan dalalm dunia ini. dan tak lupa pun dalam dunia pencetakan  ” selaluh tak gading yang tak retak” .

Maka dengan penulish mengingatkan kepada semua pembaca bahwa, janganlah menkritik namun abaikanlah semua kekurangan dalam konteks penuliasan diatas ini, agar jangan ada rasa missthingk’s diantara kita.

Sebab  ketika kita jatu, Ia selaluh mengangkat kita ke tempat yang setia bagi kita dan ketika kita tak tahu jalan hidupnya, Ia pun selaluh memberikan ke jalan yang terbaik dalam hidup kita, maka dengan sesungguhnya hidup kita selaluh indah pada saatnya.

Penulis adalah Seorang Penambang Ladang Dunia Study Di Minahasa Sulut Di Manado


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “PENGANGGURAN BUKAN TIDAK BISA MELAKUKAN APA-APA