BREAKING NEWS
Search

Cintai Tubuhmu, Masa Depan Cerah.


Oleh : Anselmus Gobai
Foto@dok ist/ansel.g/KM
Pada makhluk hidup, tubuh atau badan adalah bagian fisik materi manusia atau hewan, yang dapat dikontraskan dengan roh, sifat, dan tingkah laku. Menurut KBBI tubuh juha berarti keseluruhan jasad manusia atau binatang yangg kelihatan dari bagian ujung kaki sampai ujung rambut.

Berangkat dari hal tersebut Tubuh kita  terdiri dari berbagai organ yang memiliki fungsi masing-masing . Antara satu organ ke organ lain yang terlibat eventualisme bagi kelangsungan hidup manusia . Jika ada salah satu organ yang bermasalah maka efek yang merugikan juga bisa mengenai organ lain yang awalnya dalam kondisi baik, organ organ seperti jantung  ginjar paru paru, Lambung dan lain lain.

Jantung adalah salah satu organ penting yang berfungsi sebagai  memompa darah segar mengalir ke seluruh tubuh. Karena itu, ketika kemampuan untuk memompa darah terganggu , akibatnya bisa fatal. Bahkan, bisa mengakibatkan kematian. Paru- paru juga yang mana berfungsi sebagai alat untuk membantu proses pertukaran antara oksigen dari udara dipertukarkan dengan karbon dioksida dari darah. Sedangkan Lambung berfungsi sebagai pengolah makanan serta memegang makanan untuk jangka waktu yang singkat .

Bukan organ organ itu saja melainkan masih banyak   yang mana fungsi dan cara kerjanya berbeda beda.
Kita sebagai manusia yang mempunyak akal budi, tetapi kita selalu merusak dan merusak organ organ kita  ,lewat minum minuman keras serta merokok yang berlebihan, ini membuat kesehatan kita terganggu. Kita tahu bahwa hal itu membuat diri kita merusak organ organ yang ada  dalam, tapi karena keserakaannya maka dampaknya kita sendiri yag tuai dan alami dalam hidup kita sehingga penderitaan kita akan memutuskan rencana- rencana kita kedapan.

Maka penulis saran kepada kita semua bahwa kesehatan sangat perlu dalam hidup kita. kita sehat maka rencana- rencana serta harapan harapan kita kedapan tercapai , dengan itu   hati-hati menyalagunakan  barang barang kimiawi yang merusak tubuh kita.

Juga rajin-rajinlah berolaraga ,sebab  olahraga sangat bermanfaat untuk tubuh kita agar semua organ yang ada pada tubuh kita bisa berfungsi dengan baik sesuai dengan cara kerja masing masing.

Penulis Adalah Alummi SMA YPPK Tiga Raja Timika, Jurusan Ipa Biologi.



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Cintai Tubuhmu, Masa Depan Cerah.